Jakarta (ANTARA) - Dalam sejarah Islam, terdapat banyak kisah para nabi yang dapat kita teladani. Salah satu kisah yang paling dikenal atas kekuasaan Allah SWT adalah kisah Nabi Yunus. Nabi Yunus memiliki doa yang penuh makna dan banyak keutamaannya, hingga kini sering diamalkan oleh umat Islam.

Muslim dapat mengamalkan doa Nabi Yunus ketika sedang menghadapi kesulitan. Doa Nabi Yunus dapat dibaca sebanyak 40 kali di beberapa waktu dalam sehari. Semakin rutin membaca doa Nabi Yunus, diyakini semakin mudah terkabulnya hajat kita.

Doa Nabi Yunus bermula dari kisah ketika beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyebarkan agama Islam dan membimbing para umat masyarakat Nineveh ke jalan yang benar. Namun saat itu, masyarakat Nineveh tidak menerima ajaran Nabi Yunus dan mengabaikannya.

Sikap masyarakat Nineveh membuat Nabi Yunus marah dan tidak sabar, sehingga beliau meninggalkan masyarakat dan kota tersebut tanpa menunggu perintah Allah SWT untuk pergi. Sebelum meninggalkan masyarakat Nineveh, Nabi Yunus seraya mengatakan kepada mereka bahwa tiga hari lagi akan diturunkan azab berupa tanda datangnya awan pekat.

Sepanjang perjalanan, Nabi Yunus menemui musibah di tengah laut. Kapal yang beliau tumpangi terancam akan tenggelam, sehingga nakhoda dan para penumpang berusaha membuang barang berat dari kapal untuk mengurangi muatan kapal.

Usaha mereka tidak kunjung berhasil, sehingga salah satu cara yang dipilih adalah membuang penumpang. Setelah diundi nama para penumpang, berkali-kali nama Nabi Yunus yang terpilih. Akhirnya, Nabi Yunus membuang diri dengan menceburkan diri ke laut.

Baca juga: Kumpulan doa selamat dunia akhirat, memohon perlindungan Allah SWT
Baca juga: Bacaan doa shalat istikharah lengkap dengan artinya


Setelah menceburkan diri ke laut, Allah SWT menyelamatkan Nabi Yunus dengan ikan paus yang menelan dirinya. Kondisi Nabi Yunus berada dalam kegelapan di perut ikan paus. Selama berada di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus tak henti memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan dan keselamatannya.

Pada akhirnya, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus dan menyelamatkan dirinya dengan diberikan makanan hingga dikeluarkan dari perut ikan paus tersebut dan diberikan perlindungan selama perjalanan pulang.
 
Bacaan doa Nabi Yunus
لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadh dhoolimiin.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."

 
Keutamaan doa Nabi Yunus
 
Dalam memanjatkan doa Nabi Yunus, terdapat keutamaannya bagi umat Islam dalam doa tersebut. Rasulullah SAW pernah bersabda. "Sungguh, tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan doa tersebut (doa Nabi Yunus) melainkan Allah pasti mengabulkannya." (HR. Tirmidzi dan An-Nasa'i)
 
Berdasarkan kisah Nabi Yunus yang tercantum dalam al-Qur'an, berikut keutamaan doa Nabi Yunus.
  1. Diterima taubat dan diampuni segala dosa-dosa yang telah kita miliki
  2. Diberikan pertolongan kemudahan atas kesulitan dari segala masalah
  3. Terkabulnya doa-doa hajat yang telah dipanjatkan
  4. Diberikan petunjuk dari rasa bingung, sedih, dan kesusahan
  5. Dilindungi dari datangnya ancaman mara bahaya atau musibah

Baca juga: Doa-doa ketika turun hujan dalam Arab, latin, beserta artinya
Baca juga: Bacaan doa ketika melihat Ka'bah sesuai sunnah Rasulullah SAW

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024