Menurut RS Palestina perlu adanya peningkatan kapasitas secara umum untuk sarana dan prasarana di Palestine Hospital ini karena banyaknya alat yang sudah tua
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan akan membantu penyediaan alat kesehatan (alkes) untuk warga Palestina yang menjadi korban serangan Israel dan dirawat di Palestine Hospital yang terletak di Kairo, Mesir.
 
"Saat berkunjung, kami diceritakan kondisi para pasien warga Gaza yang memprihatinkan. Menurut RS Palestina perlu adanya peningkatan kapasitas secara umum untuk sarana dan prasarana di Palestine Hospital ini karena banyaknya alat yang sudah tua," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Setelah mengunjungi rumah sakit tersebut, Noor mengatakan para korban saat ini membutuhkan peningkatan alat-alat kesehatan dan obatan-obatan.
 
Dalam kunjungan tersebut, ia mengungkapkan pihaknya juga berdiskusi mengenai kebutuhan mendesak rumah sakit serta potensi kolaborasi untuk memastikan tersedianya alat kesehatan dan obat-obatan yang diperlukan.

Baca juga: Baznas salurkan infak Palestina 2 juta Dolar AS melalui Grand Syekh
 
"Palestine Hospital menyampaikan perlunya pelayanan bagi pasien dari wilayah konflik. Penyediaan alat kesehatan dan obat-obatan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kualitas layanan medis dan membantu meringankan beban rumah sakit," ujarnya.
 
Noor menekankan Palestine Hospital memainkan peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Palestina yang berada di Mesir, maupun yang datang dari Gaza melalui Rafah.

Baca juga: Baznas: Butuh dorongan politik agar bantuan ke Palestina tersalurkan
 
"Kunjungan ini adalah bagian dari komitmen Baznas untuk mendukung warga Palestina yang ada di Mesir dan berharap dapat memperkuat kapasitas rumah sakit dalam memberikan layanan yang dibutuhkan," tegasnya.
 
Upaya tersebut mendapat sambutan baik oleh Direktur RS Palestina Nabeel Roshdi Alshawa. Nabeel mengatakan Palestine Hospital juga akan melakukan inventarisasi peralatan rumah sakit yang diperlukan dengan skala prioritas dan juga akan diketahui oleh Kedutaan Besar RI di Mesir.
 
"Kami sangat mengapresiasi kunjungan dan bantuan yang akan diberikan oleh Baznas. Alat kesehatan dan obat-obatan merupakan kebutuhan mendesak bagi rumah sakit kami, dan dukungan ini akan sangat berarti bagi para pasien dan staf medis di sini," ucap Nabeel.

Baca juga: Baznas RI dirikan tenda darurat dan toilet umum untuk masyarakat Gaza

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024