Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok dengan jumlah penayangan hampir 3 juta tersebut memperlihatkan mobil berwarna merah ditabrak kereta api karena parkir di samping rel. 

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Wah itu mobil yang punya mana itu. Ayo cepat-cepat lari. Yah, ga keburu deh. Yah sayang banget. Haduh ringsek langsung….”

Namun, benarkah video mobil merah tertabrak kereta karena parkir di samping rel terjadi di Indonesia?

 

Unggahan yang menarasikan video mobil merah tertabrak kereta karena parkir direl terjadi di Indonesia. Faktanya, video tersebut di Vietnam. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan video media Vietnam di YouTube berjudul “Kecelakaan mobil: Apakah pemilik mobil mendapatkan kompensasi dari asuransi? - VNews#shorts”. Dalam video tersebut, dijelaskan sebuah mobil merah yang diparkir di dekat jalur kereta ditabrak kereta api di Hanoi, dan menyebabkan kerusakan parah pada bagian depan.

Video tersebut merupakan kejadian di Vietnam dan di alih bahasa menggunakan bahasa Indonesia, sehingga seakan-akan terjadi di Indonesia.

Dilansir dari media Vietnam, insiden tersebut terjadi pada 5 Juni pukul 17.00, di area kereta api di jalur 104 Co Nhue (Bac Tu Liem, Hanoi). Setelah pengemudi meninggalkan mobil, kereta pun tiba. Beberapa warga berteriak memanggil pemilik mobil merah untuk keluar, tetapi terlambat. Mobil itu ditabrak oleh kereta api di bagian depan. Insiden tersebut menyebabkan kerusakan parah pada bagian depan mobil.

Klaim: Video mobil merah tertabrak kereta karena parkir direl terjadi di Indonesia

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! video protes pembukaan Olimpiade Paris di Eiffel

Cek fakta: Video viral mabuk kecubung, Polda Kalsel nyatakan hoaks

Baca juga: Saat kabur tak peduli polisi di kap mobil, sopir jadi tersangka

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024