Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Senin (5/8). Berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.

1. Gerindra sebut KIM Plus usung Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta
 
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus telah sepakat untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju sebagai bakal calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Jakarta 2024.
 
"KIM Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk pilkada DKI Jakarta," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8).
 
Baca selengkapnya di sini.
 
2. Airlangga: Golkar tak balik kanan usai usung Dedi Mulyadi di Jabar
 
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menyebut partainya tidak balik kanan usai mengusung mantan Bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi, maju menjadi calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) pada Pilkada 2024. Untuk diketahui, Dedi merupakan kader dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
 
"Tidak balik kanan," kata Airlangga singkat di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8).
 
Baca selengkapnya di sini.
 
3. PSI serahkan rekomendasi 13 bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024
 
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat rekomendasi partai kepada 13 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024.
 
"Terima kasih kepada seluruh calon kepala daerah yang hari ini kami berikan rekomendasi. Saya berharap bapak/ibu semua yang kami berikan rekomendasi bisa memenangkan Pilkada 2024," kata Kaesang di Jakarta, Senin (5/8).
 
Baca selengkapnya di sini.

4. KRI Banda Aceh angkut pasukan HUT RI IKN dari Jakarta ke Balikpapan
 
Kapal perang Republik Indonesia KRI Banda Aceh-593 mengangkut pasukan TNI dan Polri yang akan dilibatkan untuk upacara peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin, menuju Balikpapan, Kalimantan Timur..
 
Informasi yang dihimpun ANTARA di lokasi tersebut menyebutkan kapal tersebut mengangkut total 171 prajurit TNI, sejumlah personel Polri, dan 100 taruna dari akademi TNI dan akademi Polri, yang dijadwalkan tiba di Balikpapan pada Kamis (8/8).
 
Baca selengkapnya di sini.

5. Cak Imin diadukan ke MKD terkait pelaksanaan Timwas Haji DPR

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin diadukan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI terkait dengan pelaksanaan Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI.
 
Ketua Umum PKB itu dilaporkan oleh seorang pria bernama Musyanto selaku Ketua Padepokan Hukum Indonesia. "Ada dugaan penyalahgunaan kewenangan atau kekuasaan, mengajak seorang istri untuk dilibatkan dalam Timwas Haji," kata Musyanto setelah selesai mendaftarkan pengaduannya tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024