Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa hukum telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada Senin (5/8). Berikut beberapa pilihan berita kemarin yang masih menarik dibaca pagi ini.

1. Polisi serahkan surat ekshumasi kasus Afif saat audiensi di DPR
 
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menyerahkan surat permintaan ekshumasi untuk menyelidiki kasus kematian Afif Maulana ketika beraudiensi dengan Komisi III DPR RI beserta keluarga korban di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (5/8)
 
Surat ekshumasi itu diserahkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Barat Kombes Pol. Andry Kurniawan kepada kuasa hukum keluarga korban secara langsung dan disaksikan oleh pimpinan DPR RI yang memimpin audiensi.
 
Baca selengkapnya di sini.

2. Bareskrim: Kepala BP2MI tidak bisa ungkap sosok T
 
Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri Brigadir Jenderal Polisi Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani tidak bisa mengungkapkan sosok T di balik praktik judi dalam jaringan.
 
"Kami pertanyakan terkait inisial T, yang bersangkutan tidak bisa menjawab siapa itu Mister T. Kemudian yang bersangkutan hanya menyampaikan informasi 'semoga itu bisa diungkap oleh Polri siapa inisial T'. Itu saja," kata Djuhandhani di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (5/8).
 
Baca selengkapnya di sini.
 
3. BNN: Penyelundup ganja dari Thailand bagian sindikat internasional

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Marthinus Hukom mengungkapkan orang yang menyelundupkan ganja dari Thailand ke Indonesia berinisial BN merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sama dengan sindikat internasional.
 
"Saat ini BN masih menjadi buron dan kemungkinan dia masih di luar negeri," ujar Komjen Pol. Marthinus dalam Konferensi Pers Pengungkapan Kasus Narkotika yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (5/8).
 
Baca selengkapnya di sini.

4. Novel Baswedan dkk minta MK hentikan sementara seleksi capim KPK
 
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan dan rekannya dalam perkara uji materi Undang-Undang KPK meminta kepada Mahkamah Konstitusi (MK) menjatuhkan putusan provisi untuk menghentikan sementara proses seleksi calon pimpinan (capim) KPK periode 2024–2029.
 
“Masuk dalam provisi atau putusan sela, pada pokoknya, kami meminta kepada Yang Mulia Hakim agar menghentikan sementara proses Seleksi Calon Pimpinan KPK Periode 2024-2029,” kata kuasa hukum Novel Baswedan dkk., Rakhmat Mulyana, saat membacakan salah satu petitum provisi dalam sidang perbaikan permohonan di Ruang Sidang Pleno MK RI, Jakarta, Senin (5/8).
 
Baca selengkapnya di sini.

5. Kaops Damai Cartenz: OPM bunuh pilot asal Selandia Baru di Mimika
 
Organisasi Papua Merdeka (OPM) melakukan penyanderaan dan pembunuhan terhadap pilot Helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning (50) berkebangsaan Selandia Baru, Senin.
 
Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol. Faizal Ramadhani dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Senin (5/8), mengatakan organisasi yang berseberangan dengan paham NKRI tersebut juga membakar Helikopter Jenis IWN, MD.500 ER PK di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada pukul 10:00 WIT.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024