Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama Senin (5/8) mulai dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggandeng Dinas Kesehatan terkait penyediaan alat kontrasepsi bagi siswa hingga Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat ekonomi Jakarta tumbuh 4,90 persen pada triwulan II tahun 2024 (yoy).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Disdik DKI gandeng Dinkes terkait penyediaan alat kontrasepsi siswa

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggandeng Dinas Kesehatan terkait penyediaan alat kontrasepsi bagi siswa yang diatur dalam PP Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Kesehatan.

"Akan kami pelajari dan coba terapkan nanti di Dinas Pendidikan serta koordinasi dengan Dinas Kesehatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Budi Awaluddin saat ditemui di Gedung PKK Melati Jaya Jakarta Selatan, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini


2. Ekonomi Jakarta tumbuh 4,90 persen pada triwulan II 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat ekonomi Jakarta tumbuh 4,90 persen pada triwulan II tahun 2024 (year over year/ yoy) dengan pertumbuhan tertinggi pada sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar 10,99 persen.

"Jasa keuangan dengan tumbuh 10,99 persen ini termasuk tertinggi di empat tahun terakhir meskipun pada triwulan I di 2020 pernah tumbuh di 15,79 persen. Kalau di nasional, masih sumber pertumbuhan berasal dari sektor industri," kata Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta Nurul Hasanudin dalam siaran langsung di laman YouTube BPS DKI Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini


3. Pemprov DKI siapkan SDM berkualitas hadapi perkembangan teknologi

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta secara aktif menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi.

"Tantangan kita ke depan karena DKI ingin menjadi kota global. Artinya kita dituntut menyiapkan bibit unggul atau SDM yang menguasai teknologi informasi. Saya tegaskan peluang kerja untuk warga adalah sama. Untuk itu kita bakal gelar pelatihan di lima wilayah," kata Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Taufik saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini


4. Pemkot Jaktim tagih janji Metland Menteng Cakung soal fasos-fasum

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menagih janji pengembang Metland Menteng Cakung terkait kewajiban penyerahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum).

"Pemkot Jaktim sangat berterima kasih atas kehadiran dari Metland Menteng Cakung untuk segera menyerahkan kewajibannya (fasos-fasum) sebagai aset Pemprov DKI Jakarta yang memiliki manfaat besar bagi warga Jakarta," kata Wali Kota Jaktim M Anwar.

Berita selengkapnya klik di sini


5. Asalkan ada blankonya, warga Jakarta buat KTP sehari jadi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta mengemukakan warga Jakarta membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) sehari jadi asalkan ada blankonya.

"Langsung hari itu juga, kalau, misalnya, blankonya ada," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaluddin saat ditemui di Gedung PKK Melati Jaya Jakarta Selatan, Senin.

​​​​​​​Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024