Jakarta (ANTARA) - PT JakLingko Indonesia mengemukakan bahwa sistem integrasi digitalisasi transportasi merupakan kunci untuk menjawab persoalan tingginya mobilitas warga khususnya di Jakarta agar tetap produktif.

Direktur PT JakLingko Indonesia Ivan R. Tigana melalui keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi Jakarta sebagai kota global adalah cara pemerintah bisa menjawab persoalan tingginya mobilitas masyarakat.
 
Untuk itu, JakLingko terus berupaya menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan sistem integrasi digitalisasi transportasi.
 
"Sebenarnya kuncinya bagaimana Jakarta bisa membantu memastikan masyarakatnya itu hidup layak, aman dan juga tetap produktif. Ada satu indikator yang sangat penting, yaitu mobilisasi," kata dia.

Baca juga: Tarif integrasi transportasi umum maksimal Rp10 ribu berlaku tiga jam
 
Menurut Ivan, tantangan mobilitas ini bisa dijawab dengan adanya peningkatan dari sisi layanan transportasi, khususnya transportasi umum.
 
Selain mengakomodir tingginya mobilitas warga Jakarta, JakLingko juga terus memastikan kemudahan akses sehingga mendorong masyarakat agar beralih dari
kendaraan pribadi ke transportasi publik.
 
JakLingko mengintegrasikan sistem tiket (ticketing) dan pembayaran dari antarmoda transportasi umum di Jakarta seperti Mikrotrans, TransJakarta, MRT, LRT, KAI serta yang privat seperti moda transportasi daring dan lain-lain.
 
"Kami coba nanti diintegrasikan serta semua berusaha untuk inklusif agar dapat mendorong warga menggunakan transportasi publik,” ujar Ivan.

Baca juga: JakLingko resmi dukung sistem tiketing BRT Bandung Raya
 
Sebelumnya, Ivan mengisyaratkan adanya peluncuran fase ketiga integrasi digitalisasi moda transportasi, yakni "account based tickteting" untuk memahami kebiasaan perjalanan pengguna tanpa harus merencanakan perjalanan terlebih dulu pada aplikasi JakLingko.
 
Fase ini merupakan kelanjutan dari dua fase sebelumnya, yakni "central clearing house system" (CCHS), yakni masing-masing transportasi terhubung dalam satu platform aplikasi JakLingko serta kartu transportasi dalam pengelolaan pembayaran tiket terpadu.
 
Hasilnya, empat moda transportasi di Jakarta dan sekitarnya seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta dan KRL sudah dapat dipesan dalam satu aplikasi, baik perjalanan "single moda" maupun multimoda.
 
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024