Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa 5,3 magnitudo mengguncang Pesisir Barat, Lampung hingga OKU Selatan, Senin malam, pukul 19.44 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pusat gempa berada di laut pada kedalaman 10 kilometer, berjarak sekitar 133 kilometer dari arah barat daya Pesisir Barat.

Getaran gempa juga dirasakan di Kota Liwa, Bengkunat, Kota Agung Provinsi Lampung dan OKU Selatan di Sumatera Selatan dengan skala intensitas III-II MMI.

BMKG memastikan gempa tersebut adalah gempa dangkal yang dipicu aktivitas subduksi lempeng dengan mekanisme pergerakan naik.

Hasil pengamatan tim Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG menunjukkan ada dua gempa susulan dengan skala 3,5 magnitudo hingga pukul 20.30 WIB. Meski demikian, belum ada laporan dampak kerusakan.

"Megathtust event. ​Tidak berpotensi menimbulkan tsunami," kata dia.

Untuk itu pula BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring InfoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca juga: BMKG: Pusat gempa magnitudo 3,5 berada di Kota Bogor 

Baca juga: Gempa dangkal guncang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024