Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meluncurkan Webinar Series 2024 bertajuk "Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM" yang akan digelar dua kali sebulan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul 2045.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menyebutkan kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya percepatan dan implementasi dari Undang-Undang (UU) 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mewajibkan pengembangan kompetensi bagi para ASN.

"Saya memerintahkan kepada seluruh ASN Kemenkumham untuk mengikuti webinar series ini sebanyak delapan kali untuk memenuhi pengembangan kompetensi dan meningkatkan Indeks Profesionalitas ASN Kemenkumham," ujar Yasonna dalam acara Peluncuran Webinar Series bertajuk Cerdas Bersama BPSDM Hukum dan HAM yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pengembangan kompetensi bagi ASN penting dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional jangka panjang menuju Indonesia Emas 2045.

Maka dari itu, ia berharap program Webinar Series 2024 perlu dilanjutkan di tahun-tahun ke depan oleh setiap ASN Kemenkumham, sehingga pengembangan kompetensi melalui pembelajaran secara terus-menerus dapat tetap relevan dengan tuntutan organisasi.

Dia berpendapat, apabila Indonesia ingin menyongsong atau mencapai Indonesia Emas 2045 dengan target Indonesia masuk dalam 10 besar bahkan 5 besar tingkat perekonomian dunia, maka mau tidak mau Indonesia harus mempersiapkan generasi anak bangsa yang berkualitas maupun ASN yang berkualitas.

ASN yang berkualitas, kata dia, merupakan ASN yang mempunyai etos kerja yang tinggi dan tidak hanya mengeluh. Dengan demikian, dirinya berharap jika webinar series tersebut terus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi, maka Indonesia akan bisa mencapai Indonesia Emas 2045 dengan berbagai target yang telah ditetapkan.

Di sisi lain, Yasonna pun mengajak seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham berkomitmen untuk terus membangun dan mengembangkan kompetensi serta karakter yang baik di tengah dinamika yang ada.

“Dengan integritas yang tak tergoyahkan, pelayanan yang bermutu, dan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, kita akan menjadi kekuatan positif dalam membangun Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Razilu menyampaikan Webinar Series 2024 diselenggarakan dalam rangka memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi ASN Kemenkumham.

“Berdasarkan Pasal 49 UU Nomor 20 Tahun 2023, setiap ASN wajib melakukan pengembangan kompetensi melalui pembelajaran secara terus-menerus agar tetap relevan dengan tuntutan organisasi, yang wajib dilakukan paling sedikit 20 jam per tahun,” kata Razilu.

Dia mengungkapkan BPSDM Kemenkumham memiliki peran penting dalam menciptakan ASN berkualitas, salah satunya dengan melakukan intervensi terobosan inovatif dan solutif, di antaranya dengan menggagas program webinar series yang akan dilaksanakan dalam delapan seri pembelajaran pada tahun ini dengan narasumber dan tema yang berbeda.

Baca juga: Kemenkumham: Upaya kolaboratif wujudkan P5 HAM bagi disabilitas mental

Baca juga: Ditjenpas : Griya Adhipraya sarana restorasi putus rantai kejahatan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024