Jakarta (ANTARA) - Komandan Wing Komando I, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU Kolonel Pas Helmi A. Nange mengirim prajuritnya untuk mengikuti upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (17/8).

"Yang terlibat sebagai pasukan upacara sebanyak 47 orang," kata Helmi saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Senin.

Helmi mengatakan, para personelnya diterjunkan untuk mendukung kegiatan upacara kemerdekaan pertama di IKN.

Saat ini, para personelnya sedang melakoni latihan upacara di kawasan Cibubur bersama pasukan dari kesatuan lain.

Setelah latihan di Cibubur, pasukannya akan terbang ke Balikpapan untuk menggelar latihan di Lapangan Merdeka, Balikpapan pada 15 Agustus 2024.

Helmi memastikan para pasukannya yang dia kirim dalam kondisi bugar sehingga dapat mengikuti jalannya upacara dengan maksimal.

Sebelumnya, TNI AU tidak hanya mengerahkan pasukan untuk ikut dalam upacara di IKN, melainkan armada untuk mengangkut para personel.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono mengatakan pihaknya menyediakan pesawat Boeing 737, Boeing 400, Hercules tipe H dan tipe J.

Pesawat tersebut akan mengantar prajurit hingga pejabat TNI AU ke Pangkalan Udara (Lanud) Dhomber, Balikpapan selaku pangkalan udara terdekat dari IKN.

Tonny pun tidak menjelaskan kapan pihaknya mulai mengantar pasukan ke IKN. Dirinya juga tidak menjelaskan dengan rinci berapa jumlah pesawat yang akan dikerahkan dalam operasi tersebut.

"Kita sesuai perintah. Tapi semua pesawat kita siagakan, apabila ada perintah kita siap mendukung," kata Tonny (1/8).

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024