Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI Angkatan Darat menyiapkan 199 pasukan untuk ikut serta dalam upacara peringatan HUT-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada tanggal 17 Agustus 2024.

"Jumlah total peserta yang terlibat seluruh kegiatan tersebut mencapai 199 orang. TNI AD memastikan bahwa semua persiapan berjalan sesuai rencana dan prosedur," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Kristomei Sianturi saat dikonfirmasi ANTARA, di Jakarta, Senin.

Baca juga: TNI AD kerahkan ribuan prajurit-alutsista peringati kemerdekaan di IKN

Kristomei menjelaskan pasukan TNI AD yang akan mengikuti upacara di IKN melaksanakan latihan di kawasan Cibubur, Jakarta Timur dan Lapangan Merdeka Balikpapan dari 1 - 15 Agustus 2024.

"Yang ikut serta dalam upacara di IKN yakni pasukan protokol pria, pasukan protokol kowad, pasukan baterai kehormatan, dan satuan musik militer. Personel dari Yonarmed 18/Buritkang Kodam VI/Mlw akan menggunakan Meriam Kal 105 mm," kata Kristomei.

Sedangkan untuk personel yang ikut dalam upacara di Istana Merdeka, kata dia, akan melakukan latihan dari 11 - 15 Agustus 2024.

Baca juga: TNI AD bentangkan Merah Putih 110x50 meter di Glamping Kota Nusantara

Mereka akan mengikuti upacara secara hybrid yang akan berpusat di IKN. "Yang ikut serta upacara di Istana yakni pasukan protokol pria dan kowad dari Kodam Jaya serta Garnisun I/Jakarta," kata Kristomei.

Selain itu, pihak TNI AD juga akan mengerahkan pasukannya untuk menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di TPU Kalibata dan IKN pada 17 Agustus 2024 serentak pukul 00.00 WIB.

"Yang ikut serta pasukan protokol, deputasi pati, deputasi pamen, deputasi pama, dan satuan musik militer," kata dia.

Kristomei memastikan seluruh pasukannya telah mempersiapkan yang terbaik untuk mensukseskan upacara kemerdekaan yang digelar di IKN untuk pertama kali.

Baca juga: Kasad ungkap rencana menempatkan 18 satuan TNI AD di IKN
Baca juga: Kasad ungkap rencana menempatkan 18 satuan TNI AD di IKN

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024