Samarinda (ANTARA) -
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bersiaga menjadi penyangga layanan kesehatan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
Direktur RSUD Sepaku Eka Wardhana di Penajam, Senin, menyatakan bahwa persiapan telah dilakukan dengan koordinasi yang matang bersama berbagai pihak terkait, termasuk Kementerian Kesehatan RI hingga Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.
 
"Sebagai fasilitas kesehatan terdekat dari Istana Presiden di IKN, kami telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang layanan kesehatan selama kegiatan HUT RI. Koordinasi telah dilakukan dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara," ujar Eka.
 
RSUD Sepaku berperan sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien non-VVIP. Sementara, lanjut Eka, untuk layanan VVIP ditangani oleh rumah sakit di Balikpapan.
 
"Kami di sini siap menangani penyakit-penyakit ringan dan kejadian-kejadian darurat ringan," tambahnya.
 
Selama upacara berlangsung, RSUD Sepaku menyiagakan semua tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tersebut. Pihaknya bersiaga sepanjang rangkaian HUT RI di IKN tersebut, termasuk tim medis di Puskesmas yang sudah disiapkan untuk mendampingi acara pada 17 Agustus mendatang.
   
Selain itu, Eka juga menyebutkan bahwa ada 11 Puskesmas di Kabupaten Penajam Paser Utara yang akan berpartisipasi dalam layanan kesehatan rangkaian HUT RI di IKN. "Semua Puskesmas telah memiliki jadwal dan kegiatan sesuai agenda hingga 18 Agustus," katanya.
 
Disampaikan Eka bahwa koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi juga berjalan lancar. Menurutnya, semua persiapan dari faskes sudah dilakukan dengan matang.
 
"Kami telah menyiapkan pos kesehatan di sekitar lokasi upacara dan ambulans untuk mendukung evakuasi pasien jika diperlukan," jelasnya.
 
Eka juga menambahkan bahwa tim medis dan fasilitas kesehatan sebagaimana koordinasi bersama Kemenkes RI, berjaga di IKN mulai tanggal 14 hingga 18 Agustus 2024. Mereka melakukan loading peralatan, instalasi, dan uji fungsi peralatan mini ICU serta pos kesehatan.
 
RSUD Sepaku optimistis dapat memberikan layanan kesehatan terbaik selama peringatan HUT ke-79 RI di IKN dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang kuat.
 
"Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam hal pelayanan kesehatan bagi para tamu dan seluruh pihak yang terlibat pada peringatan HUT RI," tegas Eka.

Baca juga: Mensesneg sebut tak semua menteri ikut upacara di IKN

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024