Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten telah menyediakan lima menu pilihan makanan untuk pelaksanaan program makan bergizi gratis (MBG) Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang Senin mengatakan lima menu makanan tersebut telah diuji coba pada kegiatan simulasi tanggal 1 Agustus dan pelaksanaan hari ini.

Nantinya dari lima menu makanan tersebut, Pemkot Tangerang akan melakukan evaluasi dari hasil masukan para siswa, guru dan juga wali murid.

"Dari lima menu yang disiapkan oleh Pemkot Tangerang, akan terus dilakukan evaluasi berkala saat proses uji coba hingga nantinya saat pelaksanaan sudah siap," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin usai mendampingi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka di SDN 4 Tangerang.

Baca juga: Gibran: Menu makan bergizi gratis bisa diganti, asal terpenuhi nutrisi

Nurdin juga mengatakan hasil masukan dari Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka, menu yang disiapkan oleh Pemkot Tangerang sudah memenuhi kandungan nutrisi yang ditetapkan.

"Tadi menurut Bapak Wapres di Kota Tangerang sudah cukup baik, tapi tetap terus kita lakukan evaluasi dan pemantauan dari lima menu yang kita siapkan," kata dia.

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengatakan menu makan yang disajikan dalam program makan bergizi gratis di Kota Tangerang hari ini sudah sesuai dengan harapan.

Dari hasil pantauan uji coba di Sentul, Surabaya, Solo dan sekarang di Kota Tangerang, menu makan telah memenuhi juga masukan dari para ahli gizi maupun pemerhati lingkungan.

Masukan dari para ahli gizi, lanjut Gibran, pemberian makan dan susu agar diberikan jeda atau tidak bersamaan. "Susu diberikan pada istirahat jam pertama, sedangkan makan nasi saat istirahat kedua," kata dia.

Lalu masukan dari pemerhati lingkungan juga sudah ditindak lanjuti yakni terkait penggunaan kemasan makanan yang dibawa para siswa. "Jadi para siswa membawa tempat makan yang bisa di cuci, sehingga menghindari penggunaan plastik," ujarnya.

Perlu diketahui Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Sebelumnya pada tanggal 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement telah menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Baca juga: Gibran pastikan UMKM dilibatkan dalam program makan bergizi gratis
Baca juga: Tangerang gunakan dana Bosda untuk uji coba makan gratis 36 sekolah

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024