Kota Bandung (ANTARA) - Sebanyak 50 anggota legislatif terpilih pada Pemilu 2024 secara resmi dilantik dan diambil sumpah menjadi anggota DPRD Kota Bandung masa jabatan 2024-2029, di Gedung DPRD Kota Bandung, Senin.

Prosesi pengucapan sumpah ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Bandung Kelas 1A Khusus, Jon Sarman Saragih.

Dalam sumpahnya, anggota DPRD Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk memenuhi kewajiban dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan, berpedoman pada Pancasila dan UUD NKRI 1945.

Dalam pelantikan tersebut, diumumkan pula pengangkatan pimpinan sementara DPRD Kota Bandung Agus Andi Setyawan yang ditetapkan sebagai ketua sementara, dan Maya Himawati sebagai wakil ketua sementara.

Ketua DPRD Kota Bandung sementara, Agus Andi Setyawan menyampaikan acara pengucapan sumpah janji telah dilaksanakan dengan tertib, lancar, dan khidmat.

"Amanah yang kami emban bukan tugas yang ringan, namun kami yakin dengan kebesaran Tuhan yang akan memberikan bimbingan dan petunjuk," kata Agus.

Agus juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada pimpinan sementara.

Sebagai pimpinan sementara, Agus mengungkapkan beberapa agenda utama seperti memfasilitasi terbentuknya fraksi dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

"Kami berharap semua agenda dan proses yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Adapun pelantikan tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama jajaran pejabat pemerintah daerah Kota Bandung mulai dari Sekretaris Daerah Kota Bandung, kemudian kepala organisasi perangkat daerah, maupun camat seluruh Kota Bandung.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024