Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat memberi 20 Alat Pemadan Api Ringan (APAR) bagi lima lokasi binaan (lokbin) untuk mengantisipasi kebakaran di wilayah tersebut.

Kepala Suku Dinas (Sudin) PPKUKM Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid mengatakan, pihaknya bersinergi dengan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) untuk pencegahan kebakaran di area lokbin.

"Dalam rangka pencegahan kebakaran di area lokbin. Kami koordinasi dengan Sudin Gulkarmat Jakbar terkait spesifikasi yang baik untuk pencegahan kebakaran di lokbin," kata Iqbal di Jakarta pada Senin.

Adapun lima lokbin tersebut adalah Lokbin Meruya (Kembangan), Lokbin Kamal (Kalideres), Lokbin Rawa Buaya dan Bangun Nusa (Cengkareng) dan Lokbin Kota Intan (Tamansari).

"Setiap lokbin dapat empat unit APAR, dengan rincian dua APAR jenis CO2 dan dua APAR jenis foam," kata dia.

Baca juga: Pemkot Jaksel pastikan warga miliki APAR untuk hadapi kebakaran
Baca juga: Gulkarmat edukasi nelayan gunakan APAR cegah kebakaran laut


Iqbal berharap keberadaan APAR di lokbin dapat mencegah kasus kebakaran yang lebih besar karena dapat ditangani sejak dini.

Kepala Satuan Pelaksana PPKUKM Kalideres, Rennie Puspitasari mengatakan, pihaknya telah menerima empat unit APAR dari Sudin PPKUKM Jakbar. Empat APAR itu berukuran lima kilogram (dua unit) dan 25 kilogram (dua unit).

"APAR langsung disalurkan untuk pencegahan kebakaran di Lokbin Kamal Kecamatan Kalideres," tutur Rennie.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024