Jakarta (ANTARA) - IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) bisa menjadi salah satu pilihan bagi lulusan SMA yang ingin kuliah di sekolah kedinasan dan menjadi calon pegawai pemerintahan.

IPDN telah membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) 2024 dengan menetapkan kuota Calon Praja IPDN sebanyak 721 orang.

IPDN merupakan lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang bergerak di bidang kepamongprajaan.

Baca juga: Syarat masuk IPDN, dari umum hingga administrasi

Sebagai sekolah kedinasan, IPDN memberlakukan sistem ikatan dinas yang menawarkan benefit berupa tidak dikenakan biaya selama menempuh pendidikan.

Keseluruhan kuota IPDN tersebut dibagi per provinsi yang ada di Indonesia.

Dalam kuota penerimaan tersebut, terdapat total sebanyak 571 kuota yang dibutuhkan dari 32 provinsi, selain wilayah Papua untuk sekolah kedinasan IPDN tahun 2024 ini.

Pendaftaran dan seleksinya sudah dibuka sejak 15 Mei hingga 13 Juni 2024.

Adapun untuk Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi dengan kuota penerimaan calon praja IPDN 2024 terbanyak kedua untuk wilayah Pulau Jawa, dengan 38 orang.

Baca juga: Wapres ajak pamong praja muda IPDN turut sukseskan Pilkada 2024

Berikut ini daftar kuota IPDN 2024 untuk Pulau Jawa:

  1. Provinsi Jawa Timur: 41 kuota
  2. Provinsi Jawa Tengah: 38 kuota
  3. Provinsi Jawa Barat: 30 kuota
  4. Provinsi Banten: 11 kuota
  5. Provinsi DKI Jakarta: 9 kuota
  6. Provinsi D.I. Yogyakarta: 8 kuota
IPDN menyelenggarakan program pendidikan meliputi program Diploma IV, Sarjana, Pascasarjana dan Program Profesi Kepamongprajaan.

Terdapat tiga fakultas yang tersedia di IPDN, yakni Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, Fakultas Perlindungan Masyarakat.

Baca juga: Kuota calon praja IPDN Papua Barat 2024

Baca juga: Kuota calon praja IPDN Provinsi Papua 2024


Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024