Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China dan Administrasi Meteorologi China (China Meteorological Administration/CMA) pada Minggu (4/8) malam waktu setempat mengeluarkan peringatan oranye dan kuning untuk aliran air deras dari gunung (mountain torrent).

Dari Minggu pukul 20.00 hingga Senin (5/8) pukul 20.00 waktu setempat, aliran air deras dari gunung berpotensi tinggi melanda beberapa area tertentu di Liaoning dan Heilongjiang, menurut peringatan oranye yang dikeluarkan oleh dua departemen pemerintah tersebut.

Kedua departemen pemerintah itu juga mengeluarkan peringatan kuning untuk aliran air deras dari gunung di beberapa bagian di Liaoning, Jilin, Heilongjiang, Sichuan, Yunnan, dan Daerah Otonom Xizang.

Otoritas setempat disarankan untuk memperkuat prosedur pemantauan dan peringatan banjir waktu nyata (real-time) di tengah persiapan tindakan evakuasi.

Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China memperbarui peringatan kuning untuk hujan badai di beberapa daerah yang telah disebutkan sebelumnya, termasuk Heilongjiang, Jilin, Liaoning, Sichuan, dan Yunnan.

Dari Minggu malam hingga Senin malam waktu setempat, hujan lebat diperkirakan akan mengguyur beberapa bagian daerah-daerah tersebut serta tiga daerah setingkat provinsi lainnya, termasuk Shandong, Henan, dan Chongqing.

Beberapa daerah akan mencatatkan curah hujan hingga 180 milimeter dalam waktu 24 jam, menurut observatorium tersebut.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat, dengan warna merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024