Ini lagi dipersiapkan (keberangkatan ke IKN)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kesiapannya berangkat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada 10 atau 11 Agustus 2024 untuk mengikuti sidang kabinet perdana.

"Insya Allah nanti (ke IKN untuk sidang kabinet) tanggal 10 atau 11 Agustus (2024)," kata Menteri ATR seusai menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian ATR/BPN dengan Kepolisian Republik Indonesia dan Sosialisasi Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 15 Tahun 2024 tentang Pencegahan Kasus Pertanahan di Jakarta, Senin.

Menteri ATR menyampaikan dirinya akan berangkat ke IKN pada tanggal 10 atau 11 Agustus 2024 karena saat ini masih mengerjakan beberapa tugas yang ada di Jakarta maupun daerah sekitarnya.

"Ini lagi dipersiapkan (keberangkatan ke IKN), saya masih ada tugas dulu di Jakarta dan sekitarnya," ujarnya.

Menteri ATR juga mengaku masih menunggu hasil koordinasi antara Kementerian Sekretariat Negara dan Otorita IKN soal tempat menginap para menteri nantinya.

Di sisi lain, saat ini 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri yang siap untuk dimanfaatkan oleh para menteri ketika menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penempatan dan pengaturan rumah jabatan tersebut bagi para menteri akan diatur oleh Kementerian Sekretariat Negara.

"Nanti lagi dikoordinir oleh Sekneg (Sekretaris Negara) setahu saya. Kemudian dikomunikasikan OIKN," ucap AHY.

Menurutnya, sidang kabinet yang bakal dilaksanakan di IKN akan menjadi rapat perdana, dan menjadi momentum untuk memperlihatkan kepada seluruh jajaran kabinet untuk lebih memahami kondisi pembangunan Ibu Kota Negara baru tersebut.

"Dan mudah-mudahan nanti bisa terus disempurnakan progressnya riil, dan mudah-mudahan acara 17 Agustus bisa sukses," kata Menteri ATR.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan mengadakan sidang kabinet bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024.

Plt. Kepala Otorita IKN/Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Jokowi dijadwalkan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024.

"Ya tanggal 11 (Agustus) beliau (Presiden) ke sana, nanti tanggal 12-nya (Agustus) direncanakan, itu baru direncanakan, untuk sidang kabinet di sana," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8).

Basuki menjelaskan bahwa Presiden Jokowi akan berada di IKN pada 11-13 Agustus 2024, kemudian kembali ke Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Muhammad Yusuf Permana mengatakan semua menteri akan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada 12 Agustus 2024.

"Sidang Kabinet Paripurna tanggal 12 Agustus (di IKN). Semua menteri hadir. Menginap di Hotel Nusantara," ujar Yusuf Permana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/8).


Baca juga: Mensesneg sebut tak semua menteri ikut upacara di IKN
Baca juga: Geliat pembangunan IKN sambut HUT Ke-79 RI
Baca juga: Kemenko Perekonomian: IKN dilengkapi 9 RDTR untuk mudahkan investasi


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024