Apalagi Kepala Desa Tandassura sangat kreatif, salah satunya dana desa digunakan untuk program ketahanan pangan.
Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin menargetkan Desa Tandassura di Kabupaten Polewali Mandar menjadi kampung peternakan kambing di Sulbar.

"Peternakan kambing di Desa Tandassura ini memiliki potensi yang cukup besar, sehingga saya mendorong agar ditingkatkan menjadi kampung peternakan kambing," kata Bahtiar, saat mengunjungi salah satu peternak kambing di Desa Tandassura, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polewali Mandar, Senin.

Saat berdialog dengan pemilik ternak dan kepala desa setempat, Penjabat Gubernur Sulbar itu mengaku heran sebab terdapat peternakan yang memproduksi kambing, namun ekosistemnya belum terbentuk.

Termasuk bantuan permodalan dan pendampingan, agar dapat menghasilkan kambing berkualitas ekspor.

"Di sini saya lihat cukup bagus. Saya melihat ada inovasi dari kepala desa dengan peternak. Ini contoh yang baik. Menurut saya tinggal dibantu permodalan karena manajemennya sudah bagus," ujar Bahtiar.

Bahtiar menyampaikan bahwa pihaknya bersama Penjabat Bupati Polewali Mandar akan melakukan intervensi terhadap perbankan untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus kepada peternak kambing di Desa Tandassura, agar desa tersebut menjadi desa peternak kambing terbaik di Sulbar.

"Apalagi Kepala Desa Tandassura sangat kreatif, salah satunya dana desa digunakan untuk program ketahanan pangan," ujar Bahtiar.

Penjabat Gubernur juga mendorong agar peternak di Desa Tandassura memelihara kambing susu, karena ke depan akan ada program makan gratis atau bergizi, sehingga pemerintah akan membutuhkan pasokan susu yang banyak.

Penjabat Bupati Polewali Mandar Muhammad Ilham Borahima mengusulkan kepada peternak, agar membentuk kelompok peternak untuk memudahkan bantuan KUR dari perbankan.

"Saya akan bantu dan melakukan intervensi atau jaminan kepada perbankan," ujar Ilham Borahima.

Sedangkan, Kepala Desa Tandassura Zulfikar Junus menyambut baik rencana Penjabat Gubernur menetapkan desanya sebagai desa peternakan kambing.

"Saya mewakili warga Desa Tandassura mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Gubernur. Ke depan motivasi dari pak Penjabat Gubernur akan kami terapkan," ujar Zulfikar.

Hassani, peternak kambing Desa Tandassura berharap ada perhatian dari Pemprov Sulbar terutama terkait peningkatan SDM peternak kambing.

"Kami berharap Pemprov Sulbar dapat membantu peningkatan SDM peternak dan kami juga bisa dikirim studi lapang ke Pulau Jawa," ujar Zulfikar.
Baca juga: BPS prediksi Sulbar mampu swasembada daging

Pewarta: Amirullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024