Jakarta (ANTARA) — Menabung emas bisa menjadi salah satu cara ideal untuk mempersiapkan masa depan anak. Apalagi saat ini menabung emas bisa lebih mudah dengan adanya aplikasi mobile seperti ShariaCoin. Selain tabungan emasnya menggunakan akad wadiah yad amanah, ShariaCoin memiliki fitur Emas Pendidikan Syariah yang menggunakan akad wadiah yad dhamanah dalam pengelolaan tabungan emasnya.

“Langkah ini juga sebagai bentuk ikhtiar untuk menghindari hutang, termasuk hutang melalui pinjaman online (pinjol) dan menjauhkan diri dari risiko jeratan pinjol ilegal, ujar Adji Waluyo, Direktur PT Syariah Koin Indonesia.

Dengan akad wadiah yad amanah, perusahaan wajib menjaga emas yang dititipkan dan bertanggung jawab atas kerusakan maupun kehilangan. Sementara pada akad wadiah yad dhamanah, di samping wajib menjaga emas yang dititipkan dan bertanggung jawab atas kerusakan maupun kehilangan, perusahaan dapat memanfaatkannya untuk mendapat keuntungan, dan dapat memberi keuntungan tersebut kepada pihak yang menitipkan dengan syarat tidak diperjanjikan sebelumnya.

Menabung Emas dengan Mudah dan Aman

Menabung emas di ShariaCoin sangat mudah dan aman. Nasabah bisa mulai dengan setoran awal hanya Rp5.000. Selain itu, nasabah juga bisa melakukan transaksi seperti membuka rekening emas, menyimpan, menarik dana tabungan emas, menggadaikan, hingga mencetak ke dalam wujud emas fisik kapan saja secara nyaman.

Selain itu, nasabah dapat melakukan transfer emas kepada kerabat sebagai hadiah maupun investasi secara real time online. Jadi tidak perlu buang waktu dan tenaga. Sangat praktis.

Seluruh emas yang ditabung di ShariaCoin disimpan di lembaga kliring yaitu Indonesia Clearing House (ICH) dan diawasi oleh bursa berjangka ICDX. ShariaCoin juga telah mengantongi izin dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Untuk layanan Gadai Emas Digital, ShariaCoin bekerjasama dengan PT Gadai Syariah Indonesia yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kalau kita perhatikan, uang masuk di beberapa SD IT di Jakarta Selatan setara dengan 10-12 gram emas, sementara untuk SMP nya setara dengan 5-6 gram emas. Rasanya saya sangat optimis masyarakat bisa menabung emas sampai nilai tersebut, bahkan lebih. Cukup lakukan sesuai kemampuan,” tutup Adji.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024