Kegiatan ini adalah wujud nyata semakin mendekatkan diri dengan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Jakarta Pusat (Jakpus) menyiapkan pelayanan 500 kuota paspor kepada masyarakat pada peringatan Hari Pengayoman ke-79 di kawasan Gelora Bung Karno.
 
Beragam rangkaian kegiatan digelar mulai dari pembuatan paspor, pendaftaran merek, pendaftaran PT dan lain sebagainya. Kegiatan ini dibuka langsung  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H. Laoly.
 
"Dalam rangka memperingati hari Pengayoman tahun ini kami menyediakan kuota 500 pemohon paspor, dan itu sudah penuh, terisi semua 500 sesuai kuota dan seluruh pemohon melakukan pendaftaran secara online," kata Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Ronald Arman Abdullah saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Ronald menyebut dalam pembuatan paspor sudah dilaksanakan seminggu yang lalu dimana para pemohon mengirimkan berkas administrasi. Kemudian, di GBK  pemohon hanya melakukan perekaman data dan biometrik.
 
Lebih lanjut, Ronald menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon paspor baru yakni KTP, Kartu Keluarga, Ijazah atau akta lahir atau buku nikah, kemudian surat penetapan ganti nama jika pernah mengganti nama.
 
Sementara untuk perpanjang paspor yang masa berlakunya sudah habis, pemohon hanya memperlihatkan KTP dan paspor lama.
 
"Biaya pembuatan paspor biasa Rp350.000 sementara untuk paspor elektronik Rp650.000," ujar Ronald.
 
Sebelumnya, Kemenkumham mengadakan pameran layanan publik di Plaza Sudirman, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 Kemenkumham yang jatuh pada tanggal 19 Agustus.
 
"Kegiatan ini adalah wujud nyata semakin mendekatkan diri dengan masyarakat," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (4/8).
 
Perhelatan yang menghadirkan berbagai jenis layanan Kemenkumham dalam satu tempat itu tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia.
 
“Pelayanan publik yang kita selenggarakan pada hari ini merupakan wujud nyata komitmen kita untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, mengampanyekan layanan publik Kemenkumham seluas-luasnya kepada masyarakat,” kata dia.
Baca juga: Imigrasi Jakpus gulirkan program desa binaan cegah masalah sosial
Baca juga: Imigrasi Jakpus tingkatkan kerja sama dengan pihak terkait
Baca juga: Peringatan Hari Bhakti, Imigrasi Jakpus gelar maraton untuk masyarakat

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024