Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) menyediakan sebanyak 17.303 kartu tanda pengenal atau ID Card dalam Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumut.

Kepala Bidang Statistik Sektoral Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Sholahuddin Lubis mengatakan bahwa jumlah kartu tanda pengenal tersebut mencakup berbagai kategori peserta dan panitia.

"Untuk PON 2024 di Sumut, sebanyak 17.303 kartu tanda pengenal atau ID card akan dicetak," ujar Sholahuddin Lubis, di Medan, Senin.

Dia menjelaskan dari total kartu tanda pengenal yang dikeluarkan PB PON Sumut, sebanyak 5.600 di peruntukan untuk wasit dan juri. Jumlah tersebut merupakan paling banyak dari kategori lainnya.

"Wasit juri dan lain 5.600, PB PON 350, relawan 4.500, media provinsi 525, media internal 175, VIP 480, supir VIP 66, eselon II 54, dan 304 yang lainnya," kata dia.

Baca juga: PB PON Aceh-Sumut matangkan persiapan diawali registrasi delegasi

Sholahuddin Lubis mengatakan dalam menyelaraskan data ID Card yang berbasis teknologi informasi tersebut, delapan bidang PON 2024 telah menggelar rapat sosialisasi.

Sosialisasi ini, kata dia, menekankan pentingnya penginputan data yang terkoordinasi antar bidang, mengingat data tersebut saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan.

"Keterkaitan antara bidang itu sangat erat. Hasilnya nanti kami buat grup WA, pembentukan data masing-masing bidang kita tunjuk sebagai penanggung jawab penginputan data. Data-data yang kita input itu akan disampaikan kepada kita selambat-lambatnya 12 Agustus 2024 terkait data yang mereka isi secara keseluruhan yang nanti akan kita cetak ID Card," sebut dia.

Selain itu, lanjut dia, dalam pengelolaan kartu tanda pengenal yang disiapkan tersebut juga didukung aplikasi KCS (Kreasi Citra Solusi). Tim tenaga IT manajer dan web analyst, akan turun langsung ke 10 kabupaten/kota tempat penyelenggaraan 34 cabang olahraga untuk memastikan kelancaran proses ini.

Baca juga: Menpora ingatkan panitia tempatkan SDM terbaik urus pembukaan PON

Adapun rapat sosialisasi aplikasi PON XXI yang dilaksanakan di Sekretariat PB PON Sumut tersebut diikuti oleh berbagai bidang seperti bidang protokoler, humas publikasi, teknologi, pertandingan, akomodasi, transportasi, konsumsi, dan Sumber Daya Manusia.

"Bahwa masih ada hambatan terkait infrastruktur jaringan internet dan kebutuhan SDM untuk pengendalian pelaksanaan PON. Namun, kami berharap ini segera selesai di Agustus ini," ujar dia.

Baca juga: PB PON Sumut perkuat aplikasi berpaut PON XXI 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024