Salah satu pertimbangan Puskesmas Jekulo bisa ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit, di antaranya memiliki tempat tidur lebih dari 20 unit,"
Kudus (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Andi Nafsiah Walinono Mboi mengungkapkan Puskesmas Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, layak diusulkan menjadi rumah sakit.

"Salah satu pertimbangan Puskesmas Jekulo bisa ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit, di antaranya memiliki tempat tidur lebih dari 20 unit," ujarnya, ditemui usai menghadiri dialog interaktif di Puskesmas Jekulo dengan sejumlah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan kepala Puskesmas dari beberapa daerah se-eks Keresidenan Pati, di Kudus, Kamis.

Apalagi, lanjut dia, fasilitas layanan kesehatan yang tersedia juga cukup memadai.

Selain itu, kata dia, dukungan sumber daya manusia (SDM) juga cukup memadai dan berkualitas.

Untuk mengusulkan status Puskesmas menjadi rumah sakit, katanya, menjadi kewenangan daerah dengan terlebih dahulu melihat kualifikasinya.

"Kami menilai Puskesmas Jekulo sudah memenuhi persyaratan menjadi rumah sakit. Saat ini, tinggal menunggu respons Dinas Kesehatan Kabupaten setempat," ujarnya.

Usulan serupa, katanya, bisa dilakukan oleh bupati terhadap Puskesmas lainnya dengan catatan harus mempertimbangkan sejumlah aspek pendukungnya, serta ada Puskesmas yang harus tetap dipertahankan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Hal penting yang harus diupayakan oleh setiap Puskesmas, yakni menanamkan sikap perilaku hidup yang sehat terhadap masyarakat.

Berdasarkan pengamatan, lahan yang dimiliki Puskesmas Jekulo yang berada di Jalan Kudus-Pati tersebut, cukup luas.

Bangunannya juga cukup megah dan fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap.

Kepala Puskesmas Jekulo, Emi Ruyanah mengakui, Bupati Kudus Musthofa juga pernah menyinggung soal kemungkinan status Puskesmas Jekulo ditingkatkan menjadi rumah sakit.

"Hanya saja, kami belum berani mempertimbangkan peningkatan status Puskesmas Jekulo menjadi rumah sakit," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Maryata menambahkan, jumlah Puskesmas di Kabupaten Kudus sebanyak 19 Puskesmas dan enam di antaranya merupakan Puskesmas perawatan.

Sementara jumlah Puskesmas pembantu, kata dia, berjumlah 43 Puskesmas.

(KR-AN/I007)

Pewarta: Akhmad NL
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014