Jakarta (ANTARA) - Kalangan industri depot air minum menyatakan komitmennya untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk air galon depot isi ulang sehingga memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah ditetapkan.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Depot Air Minum Indonesia (Apdamindo), Budi Darmawan menyatakan sebagai langkah konkret pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh anggota depot air minum.

"Masyarakat tidak perlu ragu dengan mutu dan kualitas air depot Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas produk air galon depot isi ulang dan memberikan yang terbaik bagi konsumen.," ujarnya di Jakarta, Senin.

Terkait fenomena di pasar air minum dalam kemasan yakni meningkatnya jumlah konsumen yang beralih ke air galon depot isi ulang, Budi menyatakan hal itu membuktikan produk tersebut mampu memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

"Pilihan ini tidak hanya membantu perekonomian lokal dan mendukung keberlanjutan UMKM, tetapi juga menunjukkan semangat nasionalisme yang tinggi," ujar Budi dalam keterangannya.

Ketua Umum Perkumpulan Dunia Air Minum Indonesia (Perdamindo), Achmad Zuhry menambahkan pihaknya setiap hari mensosialisasikan kepada pelaku Depot Air Minum (DAM) agar mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, jadi tak ada istilah air depot mutu dan keamanannya di bawah air bermerek.

"Kami pengusaha depot air minum di seluruh Indonesia berkomitmen menjaga integritas dan kualitas produk air galon depot isi ulang," katanya.

Pada kesempatan itu baik Apdamindo maupun Perdamindo menyayangkan adanya tayangan iklan dari produsen air minum dalam kemasan (AMDK) bermerek yang menyerang produk air depot isi ulang.

"Klaim yang menyatakan bahwa air depot isi ulang kurang aman dan bermutu rendah sangat tidak berdasar dan menyesatkan konsumen," ujar Budi Darmawan.

Menurut dia produk air galon depot isi ulang yang dikelola oleh UMKM di seluruh Indonesia selalu melalui tahapan uji kualitas dan keamanan yang baik apalagi selama bertahun-tahun depot air minum bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Saat ini, tambahnya, asosiasi bersama dengan Kementerian Kesehatan telah merampungkan pembuatan Kurikulum Nasional Pelatihan Pemeriksaan Depot Air Minum oleh Sanitarian dan Puskesmas seluruh Indonesia, yang akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat.

Baca juga: Kemenperin dorong pemenuhan standardisasi sanitasi depot air minum
Baca juga: Asosiasi dukung regulasi pelabelan BPA pada galon air minum
Baca juga: Wali Kota Jaktim instruksikan Sudinkes awasi depot air isi ulang

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024