Jakarta (ANTARA) - Universitas Indonesia memberi edukasi mengenai pengelolaan sampah bagi siswa sejumlah SD di Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung, Bali, sebagai upaya meningkatkan kesadaran agar dapat mendukung target pembangunan berkelanjutan (SDG) tentang perubahan iklim.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, penanggung jawab program edukasi pengelolaan sampah Program Pahlawan Lingkungan Pesisir Pantai (PALAPA) UI Petra Siahaan mengatakan terdapat sejumlah materi edukatif dan interaktif yang diberikan, antara lain jenis-jenis sampah, dampak sampah terhadap ekosistem, dan pengolahan sampah secara sederhana.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengatasi sampah plastik, menumbuhkan kepekaan terhadap kondisi lingkungan sekitar, mengembangkan kreativitas melalui pemanfaatan sampah yang sering ditemukan di lingkungan sekitar," kata Petra.

Dia menyebut bahwa terdapat sebanyak 275 siswa dari empat sekolah, yakni SDN 01 Kusamba, SDN 02 Kusamba, SDN 03 Kusamba, dan SDN 04 Kusamba, yang berpartisipasi dalam edukasi tersebut.

Baca juga: Dosen FKUI kembangkan kecerdasan buatan untuk terapi stroke

Baca juga: UI bersihkan Pantai Monggalan dukung kelestarian lingkungan pesisir


Dia menjelaskan, para edukator juga mengadakan praktek langsung bagi para siswa dan siswi, di mana mereka diajak untuk membuat kerajinan tangan berupa tempat pensil dari bahan botol bekas dari limbah plastik yang telah dipilah dari tempat sampah yang berada di sekolah.

Menurutnya, hal tersebut juga dapat melatih kemampuan psikomotor anak-anak. Selama kegiatan tersebut, kata Petra, para siswa dan siswi menunjukkan antusiasme serta keaktifan yang tinggi.

Dia menilai, hal tersebut menunjukkan bahwa upaya untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini telah membuahkan hasil yang positif.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi agar sekolah dapat turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan pesisir pantai. Petra menuturkan, melalui kolaborasi yang baik antara perguruan tinggi, pemerintah desa, dan masyarakat, diharapkan Desa Kusamba dapat menjadi contoh bagi desa lain dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan.*

Baca juga: UI bangun kepedulian lingkungan lewat penanaman pohon kelapa hibrida

Baca juga: One UI 7 bawa peningkatan tampilan folder untuk ponsel Samsung

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024