Berkat dukungan semua pihak akhirnya gelaran ini kembali masuk dalam bagian KEN 2024
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menilai gelaran Jember Fashion Carnival (JFC) 2024 mampu menjadi panggung bagi para desainer lokal dalam memamerkan karyanya.

Gelaran yang masuk dalam program strategis Kemenparekraf yakni Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 ini menghadirkan kolaborasi antara fesyen dengan teknologi ini pun menjadi daya tarik tersendiri pada penyelenggaran tahun ini.

“Berkat dukungan semua pihak akhirnya gelaran ini kembali masuk dalam bagian KEN 2024. Semoga ini bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian,” ujar Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Mengusung tema Alghorithm: Beyond Binary of Our Soul, JFC menghadirkan penampil dari Kabupaten Jember dan sekitarnya hingga daerah lain di Indonesia yang melibatkan orang dewasa hingga anak-anak.

Adapun beberapa kategori yang ditampilkan dalam JFC, yaitu Kids and Artwear Carnaval, Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI), dan Grand Carnaval. Juga ada penampilan unik hewan peliharaan dalam karnaval ini.

Adapun pelaksanaan JFC 2024 juga dibagi menjadi 10 sub-tema, yaitu Betta Fish, Climate, Versailles, Rio, dan Chess. Selain itu juga ada Zodiac, Fairy, Wayang, Jember, dan Media.

Tahun ini, JFC lebih memperhatikan lingkungan dengan penggunaan bahan dan material yang dapat didaur ulang atau hasil daur ulang. Penggunaan bahan recycle dalam persentase minimal 30 persen harus dipatuhi oleh peserta.

Adapun KEN merupakan program Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui gelaran yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Baca juga: EV baru Audi di China tak pakai logo ikonik hingga Raisa di JFC 2024
Baca juga: JFC ajak jelajahi perjalanan karnaval Jember kelas dunia

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024