Untuk sementara ini ada tujuh perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan ini, karena kami juga memang belum ada persiapan dananya dari APBD, maka kami minta bantuan dana CSR dari industri-industri yang ada di Kota Cilegon
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Banten, melakukan uji coba makan bergizi gratis yang dibagikan kepada anak-anak di SDN Kedaleman 4 Kota Cilegon.
 
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, di Cilegon, Senin, mengatakan Kota Cilegon menjadi salah satu kota di Provinsi Banten yang terpilih untuk menjadi proyek percontohan secara nasional uji coba makan bergizi gratis.
 
"Jadi salah satunya adalah Kota Cilegon. Kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang ditujukan kepada Pemkot Cilegon," katanya.

Baca juga: Gibran: Biaya makan gratis di tiap daerah berbeda, Tangerang Rp15.000
 
Ia mengatakan uji coba makan bergizi gratis sementara ini dilakukan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di Kota Cilegon. Karena belum adanya persiapan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
 
"Untuk sementara ini ada tujuh perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan ini, karena kami juga memang belum ada persiapan dananya dari APBD, maka kami minta bantuan dana CSR dari industri-industri yang ada di Kota Cilegon," katanya.
 
Dalam hal ini Helldy juga langsung mengecek menu makanan bergizi gratis yang telah dibagikan kepada anak-anak di sejumlah kelas yang ada.

Baca juga: Mendag: Anggaran makan gratis per porsi sesuai kemampuan daerah
 
"Alhamdulillah mereka semuanya pada senang dan mengucapkan terima kasih. Kami sudah sampaikan bahwa ini adalah program dari Pak Presiden terpilih, yang mana nanti ini akan dijalankan dan selama lima hari, mulai dari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat," katanya.
 
Dalam uji coba tersebut paket makanan itu terdiri dari nasi, lauk, sayur, buah, dan susu. Dengan anggaran yang dikeluarkan yakni Rp25 ribu per porsi.
 
"Untuk anggaran kami menghitung kemarin itu maksimal di angka Rp25 ribu per porsi sudah dengan susu. Kami sudah hitung di situ dan untuk di sekolah ini ada sebanyak 723 siswa dari 24 kelas yang mendapatkan makan bergizi gratis," katanya.

Baca juga: Menkeu pastikan program makan bergizi gratis masuk postur APBN 2025

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024