Kalau dari datanya menurun. Secara nasional turun
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan tingkat angka pengangguran secara nasional mengalami penurunan.

“Kalau dari datanya menurun. Secara nasional turun,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Menko Muhadijr mengatakan adanya peningkatan pengangguran di salah satu kota tidak bisa digeneralisasi sebagai cerminan pengangguran di tingkat nasional.

Baca juga: Kemenko PMK soroti tingginya angka pengangguran di Indonesia

Adapun untuk menanggulangi tingkat pengangguran di kota besar, Menko Muhadjir menilai perlunya pemberdayaan untuk menciptakan lapangan kerja di perkotaan.

Sebelumnya Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan penyerapan tenaga kerja di Indonesia sudah relatif baik dan dapat menurunkan tingkat pengangguran terbuka.

Namun proporsi tenaga kerja informal menurutnya masih mendominasi, padahal yang dibutuhkan oleh Indonesia ke depannya adalah peningkatan produktivitas.

Baca juga: Celios: Meski turun, angka pengangguran perlu diwaspadai
Baca juga: Menaker tekan angka pengangguran melalui peningkatan kompetensi


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024