Jakarta (ANTARA) - Kapal perang Republik Indonesia KRI Banda Aceh-593 mengangkut pasukan TNI dan Polri yang akan dilibatkan untuk upacara peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin, menuju Balikpapan, Kalimantan Timur..

Informasi yang dihimpun ANTARA di lokasi tersebut menyebutkan kapal tersebut mengangkut total 171 prajurit TNI, sejumlah personel Polri, dan 100 taruna dari akademi TNI dan akademi Polri, yang dijadwalkan tiba di Balikpapan pada Kamis (8/8).

Baca juga: Upacara HUT RI di IKN, TNI AL siapkan kapal LPD untuk angkut pasukan

KRI Banda Aceh, kapal yang saat ini di bawah kendali Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut, meninggalkan dermaga pukul 10.40 WIB. Tahapan embarkasi pasukan dan sejumlah kendaraan yang akan dibawa ke IKN telah berlangsung sejak Minggu (4/8) malam sampai dengan Senin dini hari.

Dalam rombongan keberangkatan pasukan hari ini, beberapa pasukan berasal dari satuan musik tiga matra, yaitu Satuan Musik (Satsik) TNI Angkatan Darat 25 orang, Satsik TNI Angkatan Udara 6 orang, dan Satsik TNI Angkatan Laut beserta prajurit dari Korps Marinir TNI AL sebanyak 99 orang.

Kemudian, ada juga dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) 36 orang, prajurit yang berdinas di Sekretariat Presiden (Setpres) empat orang, dan dari Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II sebanyak satu orang.

Sementara dari rombongan taruna,  terdiri dari taruna Akademi Militer 25 orang, Akademi Angkatan Laut 25 orang, Akademi Angkatan Udara 25 orang, dan taruna Akademi Kepolisian 25 orang.

Baca juga: Besok Kolinlamil kirim satu KRI ke IKN untuk kebutuhan upacara

KRI Banda Aceh pada hari ini juga memberangkatkan sejumlah kendaraan dari tiga matra dan Polri, yang jumlahnya 30 lebih unit, terdiri atas bus dan truk, serta mobil dinas tipe SUV, dan sepeda motor.
Kapal perang Republik Indonesia KRI Banda Aceh-593 berlayar dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin (5/8/2024), menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk mengantarkan pasukan TNI dan Polri serta taruna yang terlibat dalam HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


Sebelumnya, pada Selasa (30/7) Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan menyebut ada sekitar 800 prajurit TNI dikerahkan untuk menjadi petugas upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Dia menjelaskan jumlah prajurit yang ditugaskan itu mengikuti kebutuhan dan situasi di IKN, yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Ini dinamis sekali perkembangannya, memang untuk upacara 17 Agustus nanti dibagi dua, ada yang di IKN, ada yang di Istana di Jakarta. Untuk pastinya sekitar 800 sekian untuk upacara di sana (IKN),” kata Kasum TNI menjawab pertanyaan ANTARA saat jumpa pers pada sela acara di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, bulan lalu (30/7).
Kapal perang Republik Indonesia KRI Banda Aceh-593 berlayar dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin (5/8/2024), menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk mengantarkan pasukan TNI dan Polri serta taruna yang terlibat dalam HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


Sebelumnya juga pada Juli 2024, Komandan Korps Marinir TNI AL (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi menyebut Korps Marinir TNI AL menyiapkan dua peleton prajuritnya yang jumlah total 42 orang untuk pelaksanaan upacara HUT RI di IKN.

“Kami siapkan 42 prajurit, ditambah pendukung kemudian danton (komandan peleton), danki (komandan kompi), dan cadangan sehingga total keseluruhan 53 orang,” kata Dankormar.

Baca juga: TNI AU siapkan Hercules dan Boeing untuk antar personel upacara di IKN
Baca juga: Presiden Jokowi titip pesan ke Pj Gubernur sukseskan HUT RI di IKN
Baca juga: Hotel bintang 5 perdana di IKN siap sambut tamu VIP HUT RI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024