Urumqi (ANTARA) - Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China barat laut, yang kaya akan sumber daya angin dan surya, mencatat peningkatan 103 persen secara tahunan (year on year/yoy) dalam kapasitas energi baru terpasang pada paruh pertama (H1) tahun ini.

Dari 14,08 juta kilowatt (kW) kapasitas energi baru terpasang di Xinjiang, tenaga angin mencakup 4,28 juta kW dan tenaga surya sebesar 9,8 juta kW, menurut data terbaru dari State Grid Xinjiang Electric Power Co., Ltd.

Tahun ini, daerah tersebut memanfaatkan sumber daya dan keunggulan geografisnya untuk ketahanan energi serta pembangunan hijau dan rendah karbon. Berbagai upaya dilakukan untuk membangun sebuah basis strategis nasional dalam bidang sumber daya energi dan untuk terus mempercepat pembangunan sistem tenaga listrik jenis baru dengan energi baru sebagai andalannya, yang meningkatkan proporsi energi terbarukan, kata seorang manajer perusahaan tersebut.

Hingga saat ini, kapasitas energi baru terpasang di Xinjiang telah melampaui 80 juta kW, dengan seluruh 14 daerah setingkat prefektur memiliki kapasitas energi baru terpasang melampaui 1 juta kW. Di Xinjiang juga terdapat tiga basis energi baru berkapasitas 10 juta kW.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024