Jakarta (ANTARA) - Uber telah mengumumkan kemitraannya dengan produsen kendaraan listrik asal Tiongkok, Build Your Dream (BYD).

Dilaporkan Drive pada Senin (5/8) waktu setempat, kesepakatan baru raksasa rideshare ini berencana menambah 100,000 kendaraan BYD ke armada globalnya yang dimulai di Eropa dan Amerika Latin.

Kemitraan ini dikatakan pada akhirnya akan meluas ke negara-negara lain termasuk Kanada, Timur Tengah, Australia, dan Selandia Baru meskipun belum ada tanggal resmi yang diumumkan untuk Australia.

Baca juga: Uber usulkan model tunjangan pengemudi online di Kanada

Baca juga: Pengemudi tak sesuai aplikasi, Uber London terancam kehilangan lisensi


“BYD sangat senang dapat memperkuat kemitraan ini dengan Uber. Sampai saat ini kami memiliki lebih dari 1000 BYD Uber di jalan-jalan Australia,” kata Juru bicara BYD kepada Drive.

“Seringkali ini adalah pengenalan pertama pelanggan terhadap sebuah kendaraan listrik, jadi dalam kemitraan dengan pengurangan biaya pengoperasian oleh pengemudi, hal ini sangat bagus bagi mereka yang ingin  merasakan teknologi terdepan BYD,” mereka menambahkan.

Meskipun perusahaan patungan Australia sebelumnya diumumkan pada bulan Oktober 2023, yang menyediakan 10.000 BYD EV bagi pengemudi Uber di negara tersebut, masih belum jelas apakah kemitraan global baru ini akan meningkatkan jumlah model BYD di armada rideshare raksasa Australia tersebut.

Ketua dan Presiden BYD Chuanfu Wang mengatakan kedua perusahaan berkomitmen menuju dunia yang lebih bersih dan hijau.

Sementara itu, CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan bahwa ketika pengemudi Uber beralih ke kendaraan listrik, mereka dapat memberikan manfaat emisi hingga empat kali lipat dibandingkan pengendara biasa karena mereka lebih sering bepergian.

Baca juga: Pemerintah diminta turun tangan nasib pengemudi Uber

Baca juga: Soal migrasi pengemudi Uber, ini penjelasan Grab Indonesia

Baca juga: Uber akan hentikan fitur lacak pengemudi setelah turunkan penumpang

 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024