Jakarta (ANTARA) -
Laba bersih PT Citra Nusantara Gemilang Tbk, emiten yang merupakan pionir distribusi Compressed Natural Gas (CNG) di Indonesia, mencapai Rp7,11 miliar pada semester I-2024, naik 44,83 persen daripada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp4,91 miliar.
 
"Dari segi pendapatan, perusahaan berhasil menghasilkan Rp 262,75 miliar pada semester pertama 2024, menunjukkan peningkatan sebesar 43,84 persen dibandingkan dengan Rp182,66 miliar pada periode yang sama di tahun 2023," kata Direktur Utama Andika PT Citra Nusantara Gemilang Purwonugroho di Jakarta, Senin.
 
Strategi perseroan dalam meningkatkan porsi segmentasi pelanggan ritel dan industri kecil mampu meningkatkan pendapatan dan laba perseroan. Selama enam bulan pertama tahun 2024, perseroan berhasil mencapai 50 persen dari target yang ditetapkan pada awal tahun.
 
"Kami berupaya meningkatkan produksi dengan membuka beberapa stasiun CNG baru. Pada tahun 2024, kami menargetkan pendapatan sebesar Rp500 miliar dan telah mencapai 50 persen dari target tersebut,” ujar Andika.
 
Capaian perusahaan pada semester I-2024 tersebut merupakan hasil dari meningkatnya permintaan pasar ritel serta industri kecil dan menengah terhadap CNG. Perusahaan juga telah memperluas area penjualan baru di wilayah Tangerang dan Banten.
 
"Kesadaran masyarakat akan manfaat penggunaan CNG semakin meningkat, karena tidak hanya menawarkan harga yang lebih kompetitif dibandingkan LPG, tetapi juga merupakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan dan bersih," tuturnya.
 
Ia menuturkan permintaan untuk CNG ke depan diperkirakan akan terus meningkat, sebagian karena dorongan dari pemerintah untuk mengurangi penggunaan LPG.
 
Pemerintah mendorong transisi menuju energi yang lebih efisien dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, fiskal, dan lingkungan.

Upaya pemerintah untuk memangkas subsidi LPG telah mendorong konsumen untuk beralih ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan, seperti CNG, yang juga menawarkan harga yang kompetitif.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024