Jakarta (ANTARA) - Apple dipastikan akan merilis dua gawai foldable atau gawai lipat miliknya pada 2026 dan salah satunya yang dimaksud ialah iPhone lipat clamshell bernama kode V68.

Untuk produk gawai lipat lainnya, Apple tengah menggodok gawai dengan layar internal berukuran 20,3 inci saat dibuka penuh dan ditenagai oleh chip M5. Entah itu akan menjadi iPad atau Mac masih menjadi hal yang belum pasti.

Hal ini memperkuat kabar sebelumnya yang menyebutkan Apple bersiap masuk pasar foldable dengan mengusung model clamshell atau kini lebih awam disebut flip untuk debut di 2026.

Baca juga: Apple Intelligence hadir di iOS 18.1 beta, kenalkan fitur transkripsi

Baca juga: Samsung diperkirakan bakal menyuplai sensor kamera untuk iPhone 


Dilaporkan oleh Phone Arena, Sabtu (3/8), Analis Apple di Haitong Securities, Jeff Pu menjadi sosok yang menguatkan kabar-kabar yang telah beredar tentang gadget lipat dari Apple. Ia membocorkan bahwa Apple memang menyiapkan dua gawai lipat untuk rilis di 2026.

Meski demikian nampaknya dibanding iPhone flip, Pu dalam catatannya kepada klien menyebutkan bahwa gawai yang akan dirilis terlebih dahulu ialah iPad atau Mac hybrid pada Q2 di 2026.

Justru iPhone flip yang digadang-gadang bakal menyandingi ponsel-ponsel lipat Android akan dirilis lebih lambat dari yang sudah diperkirakan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh perusahaan yang masih khawatir terhadap daya tahan layar yang digunakan di perangkat tersebut.

Dalam hal pasokan layar, diketahui bahwa pada Mei 2024 Apple telah melakukan kerja sama dengan Samsung untuk menjadi pemasok layar di perangkat foldable.

Tak lama dari itu, Apple mengajukan paten panel layar lipat yang diklaim memiliki ketahanan daya yang baik. Panel itu lebih tebal di sudut tepinya dan meruncing ke bawah di tempat layar berinteraksi dan dilipat.

Mungkin saja, produksi iPad atau Mac Hybrid terlebih dahulu diprioritaskan untuk memberikan waktu bagi Samsung menyiapkan detail dan memproduksi layar iPhone flip dalam jumlah yang cukup dengan desain tersebut.

Sebelumnya sempat beredar juga informasi di awal 2024, bahwa Apple menyiapkan dua prototipe iPhone. Salah satunya bergaya mirip Galaxy Z Fold dan model lainnya ialah model clamshell atau mirip Galaxy Z Flip.

Namun laporan terbaru menyebutkan Apple nampaknya yakin dan memutuskan untuk memasarkan produk iPhone Flip saja agar dapat ikut mengambil bagian dari industri ponsel lipat yang beberapa tahun terakhir sedang tumbuh berkat naiknya tren flip.

Baca juga: iPhone lipat bakal debut dengan tampilan flip rilis 2026

Baca juga: iPhone SE 4 sampai ponsel lipat masuk agenda Apple hingga 2027

Baca juga: Beredar kabar perangkat lipat Apple bukanlah iPhone

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024