Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Minggu (4/8), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari relawan Pro Jokowi (Projo) mendukung pasangan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim hingga dua petinggi Partai Gerindra bertemu Habib Rizieq Shihab.

1. PAN sebut hormati Golkar usung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan bahwa partainya menghormati keputusan Partai Golkar mengusung mantan bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi, maju menjadi calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Dia menilai bahwa keputusan itu sudah berdasarkan analisis, kajian, dan penelitian serius sehingga diharapkan dapat mendatangkan kebaikan pula untuk Pilkada Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

2. Relawan Projo dukung Khofifah-Emil secara penuh

Relawan Pro Jokowi (Projo) menyatakan dukungan dan kesiapannya untuk mendukung secara penuh memenangkan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak pada Pilkada Jatim 2024.

“Kami dari Projo melakukan kunjungan ke Surabaya malam ini tak lain untuk menyongsong Pilkada Jatim. Dalam hal ini kami menyatakan dukungan untuk pasangan Khofifah dan Emil Dardak," kata Sekjen DPP Projo Handoko dalam keterangan diterima di Surabaya, Minggu (4/8).

Selengkapnya baca di sini.

3. Sandiaga tak ingin berandai, sebut urusan kabinet prerogatif presiden

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tidak ingin berandai-andai bila dipercaya kembali masuk kabinet pemerintahan selanjutnya, karena jabatan menteri menjadi hak prerogatif presiden.

“Kami serahkanlah (ke presiden), jangan kami bilang siap-siap gitu, ini kami berikan semua kewenangan dan prerogatif ini kepada presiden terpilih,” kata Sandi di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (4/8), ketika ditanyakan kesiapannya untuk menjabat di kabinet terbaru.

Selengkapnya baca di sini.

4. Wasekjen PBNU yakini unjuk rasa di Kantor PBNU didalangi PKB

Wakil Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Suleman Tanjung meyakini bahwa unjuk rasa yang digelar di depan Kantor PBNU pada Jumat (2/8), didalangi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Kami mendapatkan banyak bukti. Mereka ini memang digerakkan untuk menyerang PBNU," kata Suleman dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (4/8).

Selengkapnya baca di sini.

5. Dua pimpinan Gerindra adakan silaturahmi dengan Habib Rizieq

Dua pimpinan Partai Gerindra, yakni Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum Habiburokhman mengadakan silaturahmi kebangsaan dengan mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

"Pertemuan di kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta itu pada Sabtu (3/8) sore. Agendanya silaturahmi. Saling tukar pikiran," kata Penasihat Hukum Rizieq Shihab Aziz Yanuar, di Jakarta, Minggu (4/8).

Selengkapnya baca di sini.

 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024