Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora terjadi di Indonesia, Minggu (4/8), mulai dari Basarnas Jambi mencari dua remaja yang tenggelam di Sungai Batanghari hingga Gunung Merapi meluncurkan guguran lava sebanyak 148 kali selama 26 Juli hingga 1 Agustus 2024.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
 
Basarnas cari dua remaja tenggelam di Sungai Batanghari Jambi
 
Basarnas Jambi melakukan pencarian terhadap dua remaja yang tenggelam di Sungai Batanghari saat hendak menyeberang pada Minggu dini hari.
 
Kepala Kantor SAR Jambi Adah Sudarsa di Jambi, Minggu (4/8), mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari Kades Tunas Mudo bahwa ada dua remaja tenggelam saat menyeberang menggunakan perahu di Sungai Batanghari, Desa Tunas Mudo, Kecamatan Sekernan, Muaro Jambi.
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Waketum PBNU: NU-Muhammadiyah adik-kakak yang kedepankan toleransi
 
Wakil Ketua Umum PBNU Zulfa Mustofa mengibaratkan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah seperti adik dan kakak yang memiliki semangat yang sama dalam mengedepankan nilai-nilai toleransi dalam berkehidupan.
 
"NU tidak pernah puasa duluan. Muhammadiyah puasa duluan karena di mana-mana kakak itu duluan. Adik itu ngalah. Tarawih juga begitu, kakak pulangnya duluan karena rakaatnya lebih sedikit," ujar Zulfa dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (4/8).
 
Selengkapnya baca di sini.
 

BPJS Kesehatan berupaya dekatkan layanan hingga daerah terpencil
 
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Inda Deryanne Hasman mengatakan BPJS Kesehatan berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama di daerah-daerah terpencil dan kurang terjangkau.
 
"Harapannya seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara merata," kata Inda dalam rilis yang diterima di Manado, Minggu (4/8).
 
Selengkapnya baca di sini.


Kemenag ajak majelis taklim berperan aktif gerakkan wakaf
 
Kementerian Agama mengajak seluruh majelis taklim di Indonesia berperan aktif dalam menggerakkan umat Islam untuk berwakaf dalam upaya mengentaskan masyarakat miskin di Indonesia.
 
"Saya membayangkan kalau majelis taklim di Indonesia bersama-sama menggerakkan umat, masyarakat, untuk berwakaf sesuai dengan kemampuannya. Wakaf uang, seberapa pun itu, akan berfungsi sangat instrumental dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (4/8).
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Gunung Merapi luncurkan 148 kali guguran lava dalam sepekan
 
Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan guguran lava sebanyak 148 kali ke arah barat daya dalam sepekan pada periode 26 Juli hingga 1 Agustus 2024.
 
Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso mengatakan guguran lava sebanyak 148 kali meluncur ke arah hulu Kali Bebeng sejauh maksimal 1.800 meter.
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024