Jakarta (ANTARA) - Scottie Scheffler memenangkan medali emas golf putra pada debut cabang olah raga ini dalam Olimpiade, setelah dalam laga Minggu di Le Golf National unggul satu pukulan dari pegolf Inggris Tommy Fleetwood.

Pegolf nomor satu dunia asal Amerika Serikat itu meraih kemenangan ketujuhnya tahun ini untuk mengalahkan peraih medali perak Fleetwood dengan 19 di bawah par.

"Pekan yang penuh tantangan. Hari ini saya bermain golf dengan bagus sekali," kata Scheffler seperti dikutip AFP.

Hideki Matsuyama harus puas dengan medali perunggu setelah finis 17 di bawah par.

Jon Rahm sempat unggul empat pukulan dai 10 lubang tetapi kemudian terpuruk untuk finis urutan kelima bersama Rory McIlroy, yang pupus harapannya setelah membuat double-bogey pada lubang ke-15.

Rahm sebenarnya telah unggul empat pukulan dengan enam birdie pada 10 lubang pertamanya dan tampaknya akan merebut emas.

Namun, bogey berturut-turut yang dibuatnya, ditambah birdie berturut-turut yang diciptakan Fleetwood, membuat keunggulan pegolf Spanyol itu menguap.

Scheffler, McIlroy, Matsuyama, dan Perez kemudian memanfaatkan kesempatan memenangkan persaingan merebut medali emas.

McIlroy menjadi pemain pertama yang menyerah setelah pukulan approach-nya pada lubang ke-15 masuk air sehingga menutup perjuangannya.

Scheffler yang mengawali final dengan tiga birdie berturut-turut, pertama kalinya memimpin klasemen lewat birdie keempat berturut-turut pada lubang ke-17. Scheffler kemudian tak terbendung untuk meraih emas.


Baca juga: Menpora berharap SEA Games 2023 jadi batu loncatan pegolf ke Olimpiade
Baca juga: Kristen Fulkner sabet medali emas road race
Baca juga: Cindy Ngamba pastikan kontingen pengungsi peroleh medali pertamanya

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024