Jakarta (ANTARA) - Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa pusat gempa magnitudo 3,5 berada di Kota Bogor, Jawa Barat, dengan kedalaman 4 kilometer.

"Pusat gempa berada di darat 23 km barat daya Kota Bogor," tulis laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu.

Pada laman tersebut disebutkan gempa yang semula dinyatakan berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kemudian diperbaharui bahwa kejadian gempa magnitudo 3,5 yang terjadi pada Minggu (4/8) jam 23.16 WIB berpusat di Kota Bogor.

Informasi yang sama menyatakan bahwa lokasi berada 6.73 LS, 106.63 BT, di mana pusat gempa berada di darat 23 km barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 4 kilometer.

Sementara untuk wilayah yang merasakan getaran nyata dalam rumah yaitu Cipeteuy Kabandungan, Kalapanunggal, Pamijahan Bogor, dan Bogor.

"Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. Saran BMKG hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," sebut BMKG.

Sebelumnya diberitakan, Gempa berkekuatan magnitudo 3,5 mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 10 kilometer, sebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Disclaimer, informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," tulis BMKG.

Baca juga: Sesar Lembang lewati berbagai wilayah di Jawa Barat
Baca juga: BMKG Bandung survei peta bahaya gempa bumi dari Sesar Lembang
Baca juga: BMKG minta penduduk Jawa Barat adaptif dan proaktif memitigasi gempa

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024