Kita berkomitmen menjadikan Kepri tak hanya tiga besar destinasi kunjungan wisman di Indonesia, tapi ke depan jadi provinsi kedua setelah Bali
Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis ajang Tanjungpinang Fest 2024 di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), memikat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

"Apalagi Jalan Merdeka sejak zaman dahulu memang jadi pusat ekonomi di Tanjungpinang, sehingga amat layak dieksplorasi jadi daya tarik wisata," kata Sandiaga saat membuka Tanjungpinang Fest 2024, Minggu malam.

Sandiaga mengatakan Tanjungpinang Fest masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf 2024 karena memadukan konten dan narasi menarik, kemudian menampilkan kesenian dan budaya khas Melayu, hingga merepresentasikan perjalanan wisata serta peluang ekonomi kreatif.

Ia optimistis kegiatan tersebut dapat meningkatkan pergerakan kunjungan wisatawan Nusantara yang ditargetkan pemerintah sebesar 1,5 miliar, serta menarik tiga juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri pada 2024.

Pihaknya juga terus melakukan terobosan, terutama dalam menciptakan 4,8 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami turut mengajak semua elemen pemerintah dan masyarakat agar berinovasi, beradaptasi berkolaborasi agar Kepri jadi provinsi terdepan, khususnya untuk urusan pariwisata," ucap Sandiaga.
 
Menparekaf Sandiaga Uno didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminum kopi bersama pada acara Tanjungpinang Fest 2024 di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, Kepri, Minggu (4/8/2024) malam. ANTARA/Ogen

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan acara Tanjungpinang Fest 2024 merupakan ketiga kalinya digelar di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, atau sejak 2022.

Ia pun mengapresiasi kegiatan tersebut masuk ke dalam KEN 2024 Kemenparekraf.

Menurutnya, agenda itu menjadi salah satu bagian upaya pemerintah daerah memperkaya berbagai ajang budaya dan pariwisata di Kepri dalam usaha meningkatkan angka kunjungan wisman.

"Kita berkomitmen menjadikan Kepri tak hanya tiga besar destinasi kunjungan wisman di Indonesia, tapi ke depan jadi provinsi kedua setelah Bali," ujarnya dalam sambutannya.

Ansar melanjutkan agenda seperti itu terus dikembangkan bahkan pada 2025 sejumlah agenda besar budaya dan pariwisata akan lebih banyak digelar di Tanjungpinang.

"Semua daerah harus memiliki sektor wisata andalan agar pariwisata Kepri selalu unggul dari waktu ke waktu," ujarnya.

Ia turut mengapresiasi inisiator Tanjung Fest karena mampu menggeliatkan sektor ekonomi melalui penyelenggaraan bazar UMKM berbagai produk ekonomi kreatif khas daerah tersebut.

Selain itu, acara turut dimeriahkan dengan penampilan hiburan artis lokal dan Jakarta, hingga pertunjukan seni dan budaya yang berlangsung sampai 11 Agustus 2024.

Baca juga: Sandi harapkan VoA Kepri selesai sebelum akhir jabatan Menparekraf
Baca juga: Menparekraf harapkan produk UMKM kreatif Kepri isi pasar ekspor
Baca juga: Menparekraf puji produk UMKM kreatif Kepri

Pewarta: Ogen
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024