Jakarta (ANTARA) - Penyebab bisul yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Bisul terjadi akibat adanya luka atau goresan pada kulit yang membuat bakteri ini masuk ke dalam jaringan kulit kemudian menyebabkan infeksi serta peradangan.

Obat bisul yang dijual bebas di apotik bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat bisul. Berikut adalah daftar salep bisul yang bisa Anda dapatkan di apotik:

1. Salep hitam Ichtyol 12g

Salep ini mengandung zat aktif Ichtammol yang memiliki sifat anti bakteri, anti fungal, dan anti inflamasi. Salep ini bermanfaat untuk mempercepat perkembangan abses di dalam bisul sehingga bisul dapat mengering dan sembuh.

Harga: Rp. 7.500 s/d Rp. 10.000
(Keterangan harga diakses pada 4 Agustus 2024)

Baca juga: Cara paling efektif atasi bisul

Baca juga: Makan telur bikin bisulan? Ini mitos dan fakta terkait telur


2. Pirotop Cream 10 gr

Salep ini mengandung mupirocin calcium yang berfungsi untuk menghentikan infeksi bakteri pada kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Harga: Rp. 69.000 s/d Rp. 75.000
(Keterangan harga diakses pada 4 Agustus 2024)

3. Nebacetin salep

Nebacetin salep memiliki kandungan neomycin sulphate dan bacitracin. Salep ini digunakan untuk pengobatan berbagai macam infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Harga: Rp. 30.000 s/d Rp. 33.000
(Keterangan harga diakses pada 4 Agustus 2024)

4. Mertus Cream

Krim obat ini memiliki komposisi mupirocin 2% yang berfungsi untuk meredakan infeksi akibat bakteri penyebab bisul. Cara menggunakan salep ini adalah dengan membersihkan bisul terlebih dahulu lalu oleskan krim sebanyak 3 kali sehari, gunakan maksimal selama 10 hari.

Harga: Rp. 72.000 s/d 74.000
(Keterangan harga diakses pada 4 Agustus 2024)

5. Bactoderm 2% cream 5 gr

Salep ini merupakan obat yang mengandung mupirocin 2%. Salep ini bekerja dengan cara menghambat kerja nzim untuk membuat protein yang dengan demikian pertumbuhan bakteri akan terhambat dan akhirnya mati. Bactoderm cream digunakan dengan cara di oleskan pada area kulit yang terinfeksi bakteri.

Harga: Rp. 51.000 s/d Rp. 63.000
(Keterangan harga diakses pada 4 Agustus 2024)

Itulah salep untuk meredakan bisul yang bisa Anda dapatkan di apotik. Namun untuk mengobati infeksi akibat bakteri Staph secara tuntas, Anda harus menemui dokter untuk diberikan antibiotik.

Baca juga: Cara mengatasi mata bisul yang membengkak

Baca juga: Cara menghilangkan bekas bisul dengan bahan alami dan skincare

Baca juga: Bisul, penyebab, ciri-ciri dan cara mencegahnya

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024