tetap estetik dan layak dikunjungi siapa pun
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 130 personel gabungan membersihkan kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas), tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Ini dalam rangka mempertahankan kebersihan dan kenyamanan daerah itu sehingga tetap estetik dan layak dikunjungi siapa pun," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan mereka melakukan pembersihan dengan menyisir ke dua ruas jalan, termasuk Halte Monas 2 di Jalan Medan Merdeka Barat dan Halte IRTI di Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Mereka tak hanya petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan berbagai OPD ( organisasi perangkat daerah), tetapi juga komunitas penarik delman," kata Ginting. 

Ia menyebutkan, kehadiran komunitas tersebut diharapkan akan menggugah partisipasi publik untuk turut berperan menjaga kebersihan kawasan Monas karena ini ikon wisata di Jakarta Pusat.

Sementara itu, Lurah Gambir, Gabriel Mahardika menambahkan, 130 petugas gabungan itu terdiri dari 60 petugas PPSU, 10 petugas dari Suku Dinas Bina Marga dan masing-masing 20 petugas dari Suku Dinas SDA (Sumber Daya Alam), Suku Dinas LH (Lingkungan Hidup) serta Suku Dinas Tamhut (Pertamanan dan Hutan Kota) Jakarta Pusat dibantu 35 anggota komunitas penarik delman.

Baca juga: DKI segera tata Monas dalam wujudkan rencana tata ruang wilayah

“Ini bagian dari kegiatan rutin kami untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kawasan Monas," kata Gabriel.

Puluhan ribu
Data yang dihimpun ANTARA menyebutkan, Monas adalah salah satu tempat tujuan wisata favorit warga Ibu Kota.

Buktinya, jika hari libur atau bertepatan dengan liburan hari besar keagamaan dan bertepatan dengan akhir pekan, maka puluhan ribu wisatawan biasanya menyambangi Monas.

Contohnya, pada saat libur Kenaikan Yesus Kristus dan cuti bersama pada pekan pertama Mei 2024, tercatat 42.878 orang berwisata ke kawasan Monas dan dari jumlah itu 653 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Saat itu, jam operasional Monas pukul 06.00-16.00 WIB dan loket hanya dibuka sampai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Erick Thohir berencana jadikan kawasan Monas sebagai "City Center"

Warga yang ingin naik ke Tugu Monas dikenakan tarif sebesar Rp24 ribu untuk dewasa, mahasiswa atau pelajar Rp13 ribu dan anak-anak Rp6 ribu.

Sedangkan tarif masuk museum Rp8 ribu bagi dewasa, Rp5 ribu mahasiswa atau pelajar dan Rp3 ribu harga tiket anak-anak.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024