Batam (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memuji produk usaha mikro kecil menengah (UMK) kreatif dari Kepulauan Riau (Kepri) yang diharapkan dapat menambah jumlah ekspor produk ekonomi kreatif dari Indonesia. 

“Produknya keren-keren banget,” kata Sandi, di acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tanjung Pinang 2024 di Kota Batam, Kepri, Minggu.  

Dalam kunjungannya di acara AKI Tanjung Pindang 2024, Sandi membeli sejumlah produk yang ditampilkan sekitar 30 pelaku UMKM dari Kepri, mulai dari kerajinan tangan, kaos sablon, makanan, minuman dan oleh-oleh khas daerah, hingga madu propolis khas Bintan, dengan menghabiskan uang Rp5 juta.  

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta sang istri Nur Asia, atau akrab disapa Mbak Nur untuk membantu mempromosikannya.

“Sudah dibeli, dan ini nanti Mbak Nur bisa bantu promosikan,” kata Sandi.

Menurut dia, sebuah pilihan yang tepat memindahkan AKI Tanjung Pinang 2024 yang sebelumnya akan dihelat di Tanjung Pinang, kemudian dipindahkan ke Kota Batam, dengan tujuan agar lebih banyak pembeli.   

Hal itu terbukti, hampir semua pelaku usaha mengapresiasi pelaksanaan AKI 2024 di Kota Batam. Salah satu UMKM yang menjual aneka sambal dari Kepri, telah diborong oleh pembeli dari Singapura dengan nominal Rp4 juta. Para pelaku usaha ini datang dari sejumlah daerah, seperti Batam, Bintan, Tanjung, Pinang, Palembang, Sumatera Utara hingga Pekanbaru.

“Saya keliling (ke stand-stand) tadi ada yang pesan dari Singapura, dari Jakarta, dan ternyata karena Batam berbatasan langsung dengan Jakarta, Singapura, sangat strategis memindahkan AKI Tanjung Pinang 2024 ke Batam,” ujarnya.

Dengan penyelenggaraan AKI 2024 ini, Sandi berharap agar semakin banyak produk kreatif Kepri mendapat kesempatan untuk membuka pasar mancanegara, baik Singapura, Malaysia, dan negara-negara lainnya.

AKI 2024 dihelat selama 3 hari, dimulai dari Jumat (2/8) hingga Minggu (4/8). Selain pameran, juga ada sesi bincang santai dengan pelaku industri kreatif. Dan penutup malam nanti diramaikan pertunjukan musik salah satu grup band dari Jakarta, "Bagindas".

Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI sudah berjalan selama 4 tahun dengan total pelaksanaan sudah mencapai 48 kota/kabupaten di Indonesia.

Selama 2024 ini, Sandi telah mengunjungi AKI di sejumlah kota, di antaranya Juli di Danau Toba, Sumatera Utara, Juni di Surabaya dan Bali.

Baca juga: Menparekraf hadiri AKI 2024 di Kota Batam 
Baca juga: Menparekraf: Penyelenggaraan AKI 2024 digelar di 12 kabupaten/kota
Baca juga: Menparekraf luncurkan program Apresiasi Kreasi Indonesia 2024

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024