Rangkasbitung (ANTARA) -
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengingatkan masyarakat di daerah itu agar waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang guna mengurangi risiko kebencanaan.
 
"Kami minta warga tetap waspada karena beberapa hari terakhir cuaca buruk terjadi pada sore hari," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak Agust Riza Faesal di Rangkasbitung, Lebak, Minggu.
 
Peringatan waspada hujan lebat disertai petir dan angin kencang itu sudah disampaikan kepada relawan kebencanaan tingkat kecamatan.

Baca juga: BPBD Lebak ingatkan waspada banjir akibat hujan lebat sore & malam 
 
Menurut dia, selama beberapa hari terakhir ini cuaca buruk melanda wilayah Kabupaten Lebak, sehingga masyarakat perlu waspada agar tidak menimbulkan korban jiwa.
 
Potensi kebencanaan itu bisa menimbulkan banjir, longsor, pergerakan tanah, dan pohon tumbang.
 
Selain itu, masyarakat juga diminta agar memperhatikan instalasi listrik agar tidak menimbulkan korsleting arus listrik yang bisa menimbulkan kebakaran.

Baca juga: BPBD Lebak minta warga waspada banjir dan longsor
 
"Kami menerima laporan dalam dua bulan terakhir ini terjadi tiga kali kebakaran rumah," kata Agust.
 
Sementara itu, Samsiah (60) warga Komdik Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan kini mempersiapkan perabotan rumah tangga, seperti kasur, lemari pakaian dan lemari es agar tidak terendam banjir menyusul cuaca buruk tersebut.
 
Biasanya, kata dia, banjir akibat hujan lebat dan arus air di drainase tidak mengalir lancar, karena kondisi drainase mampet sehingga air hujan tidak mengalir dan menggenangi rumah warga setempat.

Baca juga: BPBD Lebak minta warga waspada hujan lebat pada malam 
 
"Kami minta pemerintah daerah segera melakukan perbaikan drainase agar tidak menimbulkan banjir," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024