Jakarta (ANTARA) - Wellnest Festival atau Wellfest 2024 diselenggarakan antara lain untuk mendukung promosi produk-produk herbal buatan dalam negeri.

"Wellfest 2024 ajang bagi pelaku usaha memperkenalkan produk obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang mereka produksi dengan konsumen yang dapat menjadi pasar baru di Indonesia," kata Chief Executive Officer Chemistry Fauzy Harmoko selaku inisiator Wellfest sebagaimana dikutip dalam siaran pers penyelenggara festival di Jakarta, Minggu.​​​​​​

Festival yang berlangsung dari 2 sampai 4 Agustus di Central Park Mall Jakarta itu, menurut dia, juga mencakup kegiatan edukasi tentang kesehatan fisik, mental, dan emosional kepada masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rizka Andalucia mengemukakan bahwa Wellfest 2024 bisa menjadi ajang untuk membangun kecintaan masyarakat terhadap produk herbal dalam negeri.

"Walaupun kosmetik dalam negeri kita itu punya daya saing, tapi kalau enggak dicintai oleh masyarakatnya sendiri, bagaimana kita bisa menuju pasar global?" katanya pada acara pembukaan Wellfest 2024 di Jakarta, Jumat (2/8).

Baca juga: Pelaku industri siap promosikan jamu ke pasar global

Baca juga: Biofarma-Smesco Indonesia berkolaborasi tingkatkan produk herbal UMKM

Menurut Rizka, acara-acara yang mempromosikan produk herbal Indonesia seperti Wellfest 2024 juga dapat mendorong kolaborasi antar-pelaku usaha.

Dia mengemukakan bahwa banyak sekali produk obat-obatan herbal, suplemen kesehatan, maupun kosmetik yang bisa diproduksi di dalam negeri menggunakan bahan baku lokal.

BPOM memfasilitasi percepatan pengembangan usaha obat dan makanan serta mendorong para pelaku usaha untuk menghasilkan produk obat dan makanan yang bermutu dan aman.

BPOM melakukan pengawasan untuk memastikan mutu dan keamanan produk herbal yang akan dipasarkan kepada konsumen.

Baca juga: Produk jamu herbal Indonesia diincar importir Arab Saudi

Baca juga: Konsumen diimbau perhatikan panduan penyiapan dan konsumsi jamu


 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024