Kontes ini membuka cakrawala para petani dan peternak dalam mengembangkan kambing/domba, di sini para pengunjung bisa belajar
Kabupaten Magelang (ANTARA) - Sebanyak 400 ekor domba dari berbagai daerah mengikuti kontes tingkat nasional di Lapangan Desa Candiretno Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Joni Indarto mewakili Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto di Magelang, Minggu, menyampaikan Pemkab Magelang mendukung Kontes Domba Nasional 2024.

Ia menyampaikan Pemkab Magelang juga selalu mendukung upaya untuk meningkatkan populasi dan produktivitas ternak salah satunya dengan penjaringan bibit ternak melalui lomba dan kontes domba.

"Kontes ini membuka cakrawala para petani dan peternak dalam mengembangkan kambing/domba, di sini para pengunjung bisa belajar bagaimana cara mengembangkannya, memberi pakan, cara memelihara dan lainnya," katanya.

Ia menyampaikan dengan hal tersebut, tujuan kontes tidak hanya mendorong peternak agar mampu memproduksi bibit ternak berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi, namun juga dalam memberikan apresiasi dan penghargaan kepada peternak yang mampu mengembangbiakkan bibit ternak unggul serta untuk meningkatkan harga jual.

Baca juga: Menparekraf canangkan Wanurejo sebagai desa wisata terbaik

"Harapan kami kegiatan kontes domba ini dapat berjalan setiap tahun dan dapat mengakomodir semua komoditas sehingga dapat menggali semua potensi peternakan di Kabupaten Magelang serta dengan terjadinya bibit ternak berkualitas akan dapat meningkatkan kualitas dan populasi ternak di Kabupaten Magelang untuk saat ini dan masa yang akan datang," katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Magelang Grengseng Pamuji menyampaikan kontes domba nasional ini bisa merangsang potensi daerah terkait peternakan di Kabupaten Magelang .

"Kontes domba tingkat nasional ini baru pertama kali di Kabupaten Magelang supaya nanti bisa merangsang peternakan di Kabupaten Magelang khususnya domba biar kualitas maupun kuantitas meningkat," katanya.

Setelah kemarin kontes kelas lokal, katanya, hari ini yang kelas nasional yang diikuti dari berbagai daerah, antara lain Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Ia menuturkan yang lokal itu terdiri atas kelompok-kelompok peternak yang ada di wilayah Kabupaten Magelang, juaranya yang dari lokal ini diikutkan dalam kontes nasional ini.

"Dalam kontes nasional ini, kita tandingkan dengan daerah-daerah yang lain biar nanti Magelang bisa mempunyai kualitas yang baik terkait dengan peternakan domba ini," katanya.

Ia berharap kontes domba tingkat nasional ini bisa diselenggarakan setiap tahun.

Baca juga: Utusan Khusus Presiden menjaring saran kebijakan dari UMKM di Magelang

Baca juga: Polres Magelang Kota bantu panen padi Nutri Zinc di Desa Gandusari

Baca juga: Toko Kendali Inflasi dibuka di Magelang kendalikan harga komoditas

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024