Lahan-lahan di kampung itu kan besar, harus dimaksimalkan baik dengan menanam padi ladang atau jagung supaya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat
Sentani (ANTARA) - Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo meminta warga menanam padi ladang dan jagung di 139 kampung daerah setempat.

“Lahan-lahan di kampung itu kan besar, harus dimaksimalkan baik dengan menanam padi ladang atau jagung supaya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Minggu.

Menurut dia, lahan kosong atau lahan tidur kalau tidak dimaksimalkan dengan baik maka sangat disayangkan padahal bisa dikelola menjadi sumber perekonomian masyarakat.

“Padi ladang dan jagung itu usianya berkisar tiga bulan sejak ditanam hingga proses panen, sehingga ini sangat kami anjurkan untuk masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka,” ujarnya.

Dia menjelaskan,  perangkat daerah (OPD) teknis seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura bisa mendukung program tersebut.

“Kami anjurkan itu dalam rangka penguatan ketahanan pangan dan keterlibatan masyarakat dalam pengendalian inflasi daerah,” katanya.

Dia menambahkan beberapa waktu lalu pihaknya bersama kelompok Tani di Kampung Kuipons Distrik Nimboran dan Kampung Puai Distrik Sentani Timur yang secara swadaya membuka lahan pertanian jagung.

“Di Kampung Kuipons luasannya 10 hektare dan Kampung Puai 6 hektare, dan ini kami sangat bangga kemauan masyarakat dalam menumbuhkan jiwa usaha melalui program ketahanan pangan daerah,” ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Jayapura harap dana Otsus tepat sasaran ke masyarakat OAP
Baca juga: DPMPTSP susun peta potensi investasi, gali sumber daya Jayapura

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024