Jakarta (ANTARA) - Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menerima putra-putri warga negara Indonesia lulusan sekolah menengah atas untuk mengikuti pendidikan sebagai mahasiswa baru di sekolah kedinasan PKN STAN untuk tahun 2024.

PKN STAN merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2024, terdapat tiga pilihan program studi, yakni Akuntansi Sektor Publik Program Sarjana Terapan, Manajemen Keuangan Negara Program Sarjana Terapan, dan Manajemen Aset Publik Program Sarjana Terapan.

Calon mahasiswa bisa memilih satu dari tiga jalur penerimaan yang dibuka, yaitu Reguler, Afirmasi Kewilayahan, dan Pembibitan. Total keseluruhan mahasiswa yang akan diterima PKN STAN pada tahun 2024 mencapai 722 orang.

Baca juga: Menkeu ingatkan sivitas PKN STAN buat Indonesia jadi lebih baik

PKN STAN terbuka untuk penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atau Kementerian Agama seperti Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kelompok Belajar Paket C atau sekolah keagamaan sederajat.

Bagi calon pelamar, wajib mengetahui cara mendaftar penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2024. Pendaftaran seleksinya telah dibuka sejak 22 Mei hingga 20 Juni 2024.

Melansir dari laman resmi PKN STAN pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 dilakukan secara online, berikut caranya:
  1. Peserta melakukan registrasi secara online, dengan mengakses portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id
  2. Peserta membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK, kemudian mencetak Kartu Informasi Akun
  3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan (https://dikdin.bkn.go.id) menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Memilih sekolah kedinasan PKN STAN, pelamar memilih jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur reguler/afirmasi kewilayahan/pembibitan. Dengan melengkapi biodata, nomor UTBK-SNBT, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat, dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan
  5. Melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran
  6. Peserta melakukan Logout dari portal https://dikdin.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal PKN STAN. Catatan: peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Dalam hal peserta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  7. Peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id
  8. Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal https://dikdin.bkn.go.id
  9. Peserta mengisi Pakta Integritas peserta SPMB (formulir dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/Form_PaktaIntegritas_SPMB)
  10. Peserta mengisi data pilihan program studi yang tersedia
  11. Peserta mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online​​​​​​​
  12. Setelah selesai mengisi semua data yang tercancum, peserta mengunci data.
Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar sekolah kedinasan PKN STAN 2024 bisa mengunjungi laman resmi https://pknstan.ac.id/, kemudian pilih menu "SPMB" klik "SPMB PKN STAN 2024".

Baca juga: Cara mengecek pengumuman seleksi dan tahapan PKN STAN 2024

Baca juga: Mengenal Dikdin PKN STAN, perguruan tinggi naungan Kemenkeu

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024