Jakarta (ANTARA) - Luka bekas bisul biasanya meninggalkan warna yang lebih gelap pada kulit yang sering kali mengganggu penampilan. Warna kulit yang menggelap akibat luka bisul terkadang tidak hilang selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Terdapat beberapa cara untuk memudarkan bekas bisul pada kulit sebagai berikut:

1. Chemical peeling

Perawatan ini membantu meningkatkan pergantian sel baru pada kulit dan memperbaiki pigmen kulit yang menggelap. Gunakan produk chemical peeling yang mengandung glycolic acid dan azelaic acid untuk perawatan bekas luka bisul yang efektif.

2. Silikon gel

Gunakan produk silikon gel untuk meratakan bekas luka bisul. Perlu di ingat bahwa silikon gel tidak bisa digunakan ketika luka bisul masih belum mengering. Gunakan silikon gel ketika luka sudah mengering, pakai setiap hari hingga warna dan tekstur kulit sudah terlihat merata. Anda bisa membeli produk silikon gel di apotik terdekat.

3. Perawatan laser

Perawatan laser bisa Anda lakukan untuk mengurangi bekas luka bisul. perawatan ini bisa membuat bekas luka menjadi lebih rata, mengurangi kemerahan dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Baca juga: Makan telur bikin bisulan? Ini mitos dan fakta terkait telur

Cara memudarkan bekas luka bisul menggunakan bahan alami:

Selain melakukan perawatan-perawatan di atas, Anda juga bisa merawat luka bekas bisul menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut:

1. Lidah buaya

Para peneliti menyimpulkan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan dapat membantu mengatasi bekas luka jika digunakan bersamaan dengan metode lainnya. Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat luka bekas bisul adalah sebagai berikut:
  • Buang "kulit" hijau tua dari sisi daun lidah buaya yang lebih rata.
  • Keluarkan gel hijau muda yang hampir jernih.
  • Oleskan gel langsung ke bekas luka Anda dengan gerakan melingkar.
  • Setelah setengah jam, bersihkan gel dengan air dingin yang segar.
  • Ulangi dua kali setiap hari.

2. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi kunyit dapat membantu bisul sembuh lebih cepat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kunyit baik secara oral maupun topikal dapat membantu sebagai obat alternatif.

Untuk mengonsumsinya, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, lalu biarkan dingin. Minum campuran tersebut tiga kali sehari.

Untuk menggunakannya secara topikal, campurkan kunyit dengan air, jahe, atau keduanya untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut hingga mendidih setidaknya dua kali sehari. Hentikan penggunaan jika Anda melihat adanya reaksi alergi terhadap pasta atau bubuk.

itulah beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka bisul. perlu di ingat bahwa hal yang terpenting adalah untuk selalu menjaga area luka bekas bisul tetap bersih untuk mencegah terjadi nya infeksi yang berkelanjutan.

Baca juga: Bisul, penyebab, ciri-ciri dan cara mencegahnya

Baca juga: Cara paling efektif atasi bisul

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024