Natuna (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI memberikan 10 kuota beasiswa kuliah di Politeknik Pariwisata untuk anak asli Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.
 
Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno di Natuna, Sabtu, mengatakan hal tersebut dilakukan guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang pariwisata.
 
Menurut dia, dukungan pendidikan perlu diberikan, pasalnya Natuna memiliki berbagai objek wisata yang indah, mulai atas pantai, gunung, karang dan beberapa lainnya.
 
Dengan adanya tambahan SDM unggul, sambung dia, pengembangan wisata lebih mudah dilakukan.
 
"Oleh karena itu kami menghadiahkan 10 beasiswa untuk SDM terbaik dari Natuna untuk menempuh pendidikan di Politeknik Pariwisata, baik yang ada di Medan, Bandung, Bali, maupun Lombok," ucap dia saat memberikan sambutan pada kegiatan Dendang Piwang di Kecamatan Bunguran Timur.
 
Ia menjelaskan mekanisme pemberian beasiswa di serahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna.
 
Ia menambahkan, beasiswa tidak hanya diberikan kepada pelajar yang baru lulus SMA sederajat melainkan juga kepada pegawai di lingkungan Pemkab Natuna. "Baik itu level dari SMA, SMK ataupun dari dinas yang ingin meningkatkan ilmunya untuk mengelola pariwisata," ujar dia.
 
Sementara Bupati Natuna Wan Siswandi mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan.
 
Menurut dia, beasiswa yang diberikan akan bermanfaat untuk kemajuan wisata Natuna di masa akan datang. "Kita ucapkan terima kasih dan ini akan sangat membantu," ucap dia.
 
Ia menjelaskan, peningkatan SDM merupakan salah satu program prioritas selama kepemimpinannya.

Kata dia, hingga saat ini sudah 120 orang anak Natuna yang diberikan beasiswa. "Kita kerja sama (pemberian beasiswa) dengan kementerian dan lembaga," ujar dia.

Baca juga: Menparekraf dijadwalkan lakukan penilaian desa wisata di Natuna Kepri

Baca juga: Kemenparekraf siapkan Taman Parapuar jadi daya tarik wisata di NTT

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024