Jakarta (ANTARA) -
Pelita Jaya Jakarta (PJ) membalas kekalahan dari Satria Muda Pertamina Jakarta (SM) pada pertandingan final pertama, Kamis (1/8), dengan menang 82-70 dalam laga final kedua Indonesian Basketball League (IBL) 2024 di Indoor Stadium SC, Tangerang, Sabtu malam.
 
Dalam laga itu, KJ McDaniels tampil sebagai Player of The Game, dengan membukukan 25 poin, diikuti rekan setimnya Anthony Bean Jr dan Justin Brownlee 14 poin.
 
PJ yang diasuh Johannis Winar menurunkan Anthony Bean Jr, Agassi Goantara, Justin Brownlee, Brandon Jawato, dan James Dickey III sebagai starter.
 
Sedangkan SM yang dikomandoi Youbel Sondakh, diperkuat Ali Bagir, Juan Chalias, Juan Laurent Kokodiputra, Antoni Erga, dan Dame Diagne pada awal laga.
 
Kedua tim langsung tampil menyerang dan kejar-kejaran poin terus terjadi di semua kuarter.
 
Namun, Bean dan kawan-kawan selalu unggul dari kuarter pertama hingga terakhir.
 
Pada akhir kuarter pertama, PJ memimpin skor 17-12 poin, begitu juga babak kedua, dengan 38-35 poin.
 
Sementara di kuarter ketiga, skor lebih berjarak dibandingkan sebelumnya, yaitu 64-58 poin.
 
Hingga kuarter terakhir, SM masih belum mampu mengejar melalui kontribusi dari Reynaldo Garcia Zamora, Artem Pustovyi, Elgin Cook, dan Abraham Damar Grahita.
 
Selain KJ McDaniels, Bean turut berkontribusi memberikan tujuh assist untuk rekan setimnya, sedangkan pemain naturalisasi Indonesia, Brandon Jawato, melakukan total delapan rebound selama hampir 31 menit bermain.
 
Bukti ketatnya pertandingan, terlihat melalui total 31 assist yang tercipta, dengan 22 di antaranya dari tuan rumah dan sembilan sisanya oleh tim tamu.
   
Sementara total steal berjumlah 11, dengan tujuh di antaranya dilakukan oleh anak asuh Johannis Winar dan empat sisanya oleh pasukan Youbel Sondakh.
 
Untuk jumlah turnovers, kedua tim sama-sama melakukannya sebanyak 11 kali.
 
Kemenangan Pelita Jaya itu, membuat kedua tim sama-sama memiliki rekor 1-1 dalam final IBL 2024 dengan format best of three dan kandang-tandang.
 
Oleh sebab itu, pertandingan penentu akan dilakukan di Indoor Stadium SC, Tangerang, pada Minggu (4/8), pukul 19.00 WIB.
 
Pertandingan final ketiga tetap dilaksanakan di tempat yang sama atau kandang Pelita Jaya, karena tim tersebut memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan Satria Muda pada babak reguler yang lalu.


Baca juga: Jelang final kedua IBL 2024, Reza Guntara: Harus disiplin bertahan

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024