Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat menggelar kegiatan Napak tilas Tour De Singkarak yang dipusatkan di Dermaga Danau Singkarak dalam rangka menyambut serta memeriahkan HUT yang ke-79 Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Solok Teta Midra di Solok, Sabtu mengatakan kegiatan napak tilas Tour De Singkarak tersebut telah dimulai sejak Jumat (2/8) kemarin sampai besok (4/8).

Ia menyebutkan mengenai rangkaian kegiatan Napak Tilas Tour De Singkarak yang dipusatkan di Dermaga Danau Singkarak berupa lomba tari piriang, pameran foto kolektif, pemutaran film jelajah galanggang arang, serta pelepasan peserta napak tilak TDS Adventure tahun 2024.

"Kegiatan ini juga bagian dari memeriahkan perayaan HUT- RI. Kami mengimbau mari sama-sama kita sukseskan acara ini," ujar Teta.

Teta berharap semoga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan meriah. Karena kegiatan itu sebagai bagian dari semangat menyemarakkan HUT RI.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat Kabupaten Solok untuk memasang bendera merah putih di sekitar tempat tinggal masing-masing dalam rangka menyambut serta memeriahkan HUT RI yang hanya menghitung hari.

Sebelumnya, Pemkab Solok telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh jajaran di lingkup pemerintah daerah setempat untuk memasangkan atribut bendera merah putih di seluruh kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison mengatakan instruksi pemasangan bendera merah putih di seluruh kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Selain itu, Pemkab Solok juga akan membagikan sebanyak kurang lebih 6.000 bendera merah-putih ke masyarakat. Bendera tersebut telah berhasil dikumpulkan oleh seluruh OPD termasuk BUMN dan BUMD setempat.

Gerakan pembagian bendera merah putih merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan oleh negara selama dua tahun ke belakang.

Menurutnya kegiatan ini juga dapat membangkitkan kembali semangat juang para pemuda Indonesia dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke-79 RI pada tanggal 17 Agustus 2024 nanti.

Selain itu, ia menginformasikan untuk upacara bendera peringatan HUT ke-79 RI yang akan digelar pada 17 Agustus 2024 nanti direncanakan di GOR Batu Batupang Koto Baru.


Baca juga: 400 tokoh masyarakat Kaltim diundang hadiri upacara HUT ke-79 RI IKN
Baca juga: Presiden undang 3.163 orang hadiri dzikir kebangsaan jelang HUT RI

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024